Soal Isian Singkat OSN IPA SD Tingkat Kabupaten dan Kunci Jawaban

Diposting pada 40 views

Baiklah Untuk Pembahasan Selanjutnya

Soal Isian Singkat OSN IPA SD Tingkat Kabupaten dan Kunci Jawaban

Olimpiade Sains Nasional (OSN) untuk jenjang Sekolah Dasar (SD) adalah kompetisi dalam bidang Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). OSN atau juga disebut Kompetisi Sains Nasional (KSN) bertujuan untuk meningkatkan kompetensi siswa. SekolahDasar.Net akan membagikan bank soal OSN SD Mapel IPA. Berikut latihan soal isian singkat seleksi OSN IPA SD tingkat Kabupaten/Kota dengan kunci jawabannya.

Soal OSN IPA SD Tingkat Kabupaten/Kota

 

1. Katak, lumba-lumba, sapi, paus, burung merpati, ular dan salamander adalah contoh-contoh hewan bertulang belakang. Diantara hewan-hewan tersebut, yang termasuk dalam kelompok mamalia adalah     .    .    .   ,   .    .    .     dan    .   .   .   .

2. Sendi atau hubungan antar tulang yang memungkinkan terjadinya gerakan misalnya hubungan antar tulang gelang bahu dan tulang lengan atas disebut sendi ….

3. Pada tumbuhan, pembuluh yang berfungsi mengangkut air dan garam mineral dari tanah keseluruh bagian tumbuhan adalah pembuluh ….

4. Berbagai usaha untuk pencegahan penyakit diantaranya adalah dengan memanfaatkan kuman yang telah dilemahkan daya serangnya yang disebut ….

5. Suatu saat kita melakukan gerakan spontan akibat reaksi terhadap suatu keadaan misalnya saat kita tersengat apai. Gerakan itu tiba-tiba dan tanpa kita sadari. Gerak yang demikian disebut ….

6. Kayu yang terbakar mengubah energi   .   .    .     menjadi energi   .  .  .  .

7. Urutan sistem pencernaan pada burung pemakan biji adalah :

Mulut     >     Kerongkongan        >      .   .   .         >    lambung    >      usus halus      >   Usus besar dan berakhir di kloaka. 

8. Zat makanan yang berperan penting untuk pertumbuhan tubuh dan apabila kekurangan zat tersebut akan menyebabkan rakhitis, tulang lemah hingga mudah bengkok. Zat tersebut adalah …. 

9. Diantara bahan berikut : emas, perak, intan, baja, kaca dan besi. Manakah yang tergolong bahan feromagnetik …. 

10. Tulang sanggurdi, martil dan landasan termasuk kelompok tulang  ….

11. Bunyi tidak dapat merambat di ….

12. Perubahan zat yang menghasilkan zat jenis baru disebut perubahan ….

13. Jika semua warna disatukan, maka yang timbul adalah warna ….

14. Gas yang paling banyak dibutuhkan oleh polong-polongan untuk mekanisme sintesis protein adalah  .   .   .    yang bersenyawa dengan membentuk garam-garam di tanah.

15. Jarak rumah Taufiq ke sekolah adalah 8 km. Jika dia naik sepeda dan hanya tersedia waktu 30 menit maka kecepatan rata-rata yang harus dia miliki adalah   .   .   .   km/jam

16. Seorang 600 N berdiri pada papan jungkitan pada jarak 1 m dari tumpuan. Tentukan gaya F yang diberikan pada ujung lainnya agar jungkitan seimbang ? 

17. Anita mengukur suhu suatu zat cair dengan termometer celcius, ternyata terukur 95°C. Jika suhu zat cair itu juga diukur oleh Budiman dengan menggunakan termometer Reamur maka suhunya akan menunjukkan  .   .   .  °R.

18. Movement of sediments from where they formed to a different location is called ….

19. Animal that preys upon another for food is called ….

20. Earth axis is titled at a   .  .  .   degree angle

21. Kuman yang masuk ke tubuh kita akan dihancurkan oleh …. 

22. Perambatan panas matahari ke bumi dengan cara ….

23. Berikut adalah contoh tumbuh-tumbuhan : tebu, tomat, rumput teki., bamboo, kacang panjang dan padi. Diantara tumbuhan tersebut, yang bukan kelompok monokotil adalah   .   .   .   dan    .   .   .

24. Gema dapat digunakan untuk ….

25. Bunyi yang memiliki frekuensi di atas 20.000 hertz disebut ….

Kunci Jawaban Soal OSN IPA SD Tingkat Kabupaten/Kota

1. Sapi, paus dan lumba-lumba

2. Sendi peluru

3. Pembuluh kayu GV

4. Vaksinasi

5. Gerak reflek

6. Kimia – panas 

7. Tembolok

8. Vitamin D

9. Baja dan besi

10. Pendengaran

11. Ruang hampa udara

12. kimia

13. Putih

14. Nitrogen

15. 16 km/jam

16. 300 N

17. 76

18. Erotion / Erosi

19. Predator

20. 23 ½ 

21. Leukosit / sel darah putih

22. Radiasi

23. Tomat dan kacang panjang

24. Mengukur kedalaman air laut

25. Ultrasonik

Dengan melakukan persiapan yang matang seperti pendalaman materi dan mengerjakan latihan soal OSN tahun-tahun sebelumnya adalah salah satu cara mudah lolos seleksi OSN IPA SD. Apalagi pembinaan sejak awal juga bisa mengungguli pesaing. Semoga soal-soal latihan OSN IPA jenjang SD di atas bermanfaat.


Semoga Bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *