Bacalah intisari artikel yang berjudul What Are the Best Materials for Making DIY Masks? yang ditulis

Diposting pada 1 views

Bacalah intisari artikel yang berjudul What Are the Best Materials for Making DIY Masks? yang ditulis oleh Paddy Robertson.

Peneliti dari Universitas Cambridge menguji berbagai jenis kain yang digunakan rumah tangga untuk membuat masker. Untuk mengukur efektivitas bahan, peneliti menggunakan Bacteriophage MS2 yang berukuran 0,02 mikron (5 kali lebih kecil dari virus corona). Selain itu peneliti melakukan uji kemampuan bernafas pada masing-masing kain. Hal ini penting untuk kenyamanan pengguna masker sehingga mempengaruhi lama masker tersebut dapat digunakan. Berikut adalah hasil penelitiannya.

 

 

Untuk memperoleh informasi lebih detail tentang artikel ini, silahkan membaca artikel pada https://smartairfilters.com/en/?s=What+Are+the +Best+Materials+for+Making+DIY+Masks%3

 

Berdasarkan artikel tersebut, jawablah pertanyaan berikut!

a.     Buatlah urutan jenis kain dari yang terburuk hingga yang terbaik yang dapat menghalangi virus corona masuk ke sistem pernafasan manusia!

b.     Menurut Kalian dilihat dari kenyamanan bernafas dan kemampuan menghalangi virus corona, jenis kain apakah yang paling tepat? Mengapa?

c.     Jika Kalian diberikan 2 kain yang tidak diketahui ukuran seratnya, tentukan benar atau salah aktivitas yang dilakukan untuk mengukur kemampuan memfilter virus corona?

 

Apa alasan Kalian menyatakan benar atau salah?

 

Pembahasan:

1. Pembersih tangan (hand sanitazer) ini tidak mengandung alkohol sehingga tidak dianjurkan untuk pencegahan penyebaran virus.

2. a. Urutan jenis kain: silk, linen, katun, masker bedah.

    b. Linen memiliki kenyamanan bernafas tertinggi dan mampu menyaring virus hingga 62%.

    c. Pernyataan

  • Mengukur diameter serat kain. Jawaban: Benar
  • Membandingkan jumlah virus yang tersaring diantara 2 kain tersebut. Jawaban: Benar
  • Membandingkan ukuran virus corona dengan pori-pori masing-masing kain. Jawaban: Benar

Alasan: Semakin kecil diameter kain, semakin kecil pori-porinya, sehingga virus corona akan lebih mudah disaring. Selain itu, semakin kecil ukuran pori kain dibandingkan ukuran virus, semakin baik kain menyaring virus.