Cara Membuat Presentasi Powerpoint

Diposting pada 13 views

Pendahuluan

PowerPoint atau lebih dikenal dengan PPT adalah program presentasi yang sering digunakan untuk membuat presentasi dalam bentuk slide. Tujuan utama pembuatan PPT adalah untuk menyajikan informasi secara visual dan menarik perhatian audiens. PPT sering digunakan dalam berbagai acara seperti presentasi bisnis, seminar, kuliah, dan lain sebagainya.

Terdapat beberapa keuntungan dalam menggunakan PPT sebagai media presentasi. Pertama, PPT memungkinkan kamu untuk menyajikan informasi secara visual dan menarik perhatian audiens. Kedua, PPT juga memudahkan kamu untuk menyusun ide dan gagasan secara terstruktur sehingga presentasi yang disajikan bisa lebih mudah dipahami oleh audiens. Terakhir, PPT juga memungkinkan kamu untuk menyajikan informasi secara lebih interaktif dengan berbagai efek animasi dan multimedia yang menarik.

Gambar tutorial pembuatan PPT

Dalam pembuatan PPT, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan seperti struktur presentasi, pilihan warna, pemilihan font yang tepat, penggunaan gambar dan multimedia yang sesuai, dan lain sebagainya. Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, presentasi yang disajikan akan lebih menarik dan mudah dipahami oleh audiens.

Membuat Persiapan Pembuatan PPT

PowerPoint atau PPT adalah alat presentasi yang sering digunakan dalam berbagai kegiatan, baik di lingkungan sekolah, kampus, maupun kantor. Dalam membuat PPT, dibutuhkan persiapan agar presentasi yang dibuat menjadi lebih terstruktur dan memiliki nilai informatif yang baik. Berikut adalah beberapa persiapan yang perlu dilakukan sebelum membuat PPT.

Membuat Rencana Konten PPT

Sebelum membuat PPT, harus dibuat terlebih dahulu rencana konten yang akan disampaikan dalam presentasi. Hal ini bertujuan agar presentasi memiliki struktur dan mengalir dengan baik. Buatlah daftar topik yang akan disampaikan, urutkan berdasarkan prioritas, dan buatlah beberapa sub-topik untuk setiap topik utama yang akan disampaikan.

Mengumpulkan Materi yang Dibutuhkan

Setelah membuat rencana konten, langkah selanjutnya adalah mengumpulkan materi yang dibutuhkan untuk membuat PPT, seperti gambar, video, tabel, grafik, dan data lainnya. Pastikan bahwa materi yang dikumpulkan terkait dengan topik yang akan disampaikan dalam presentasi. Jika perlu, buatlah juga catatan atau sketsa untuk membantu memudahkan proses desain PPT.

Memilih Template PPT yang Sesuai

Setelah rencana konten dan materi sudah lengkap, tahap selanjutnya adalah memilih template PPT yang sesuai dengan tema presentasi. Template PPT dapat membantu untuk menyusun presentasi dengan lebih cepat dan terstruktur. Pilihlah template yang sesuai dengan topik yang akan disampaikan agar presentasi terlihat lebih profesional dan menarik.

Gambar ilustrasi persiapan membuat PPT

Read more:

Dengan melakukan persiapan yang baik sebelum membuat PPT, presentasi yang dihasilkan akan menjadi lebih terstruktur, informatif, dan menarik. Selamat mencoba!

Membuat Slide PPT

Slide presentasi adalah salah satu hal yang sangat penting dalam menyampaikan informasi secara visual. Dalam membuat slide presentasi, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan. Berikut adalah langkah-langkah dalam membuat slide presentasi yang efektif.

1. Membuat Slide Judul

Slide judul adalah slide pertama dalam presentasi yang memberikan gambaran umum tentang topik yang akan dibahas. Pada slide ini, biasanya terdapat judul presentasi dan nama pembuat presentasi. Pastikan untuk menarik perhatian audiens dengan membuat judul yang menarik dan relevan dengan topik yang akan dibahas.

Tutorial Pembuatan Slide PPT

2. Membuat Slide Agenda

Slide agenda digunakan untuk memberikan gambaran tentang struktur presentasi. Pada slide ini, biasanya terdapat beberapa topik yang akan dibahas dalam presentasi. Pastikan untuk membuat agenda yang jelas dan mudah dipahami oleh audiens.

3. Membuat Slide Pendahuluan

Slide pendahuluan digunakan untuk memperkenalkan topik yang akan dibahas dalam presentasi. Pada slide ini, biasanya terdapat latar belakang mengenai topik yang akan dibahas dan pentingnya topik tersebut. Pastikan untuk membuat pendahuluan yang menarik dan membangkitkan minat audiens.

4. Membuat Slide Isi

Slide isi adalah slide yang paling banyak digunakan dalam presentasi. Pada slide ini, terdapat informasi yang lebih detail mengenai topik yang dibahas. Pastikan untuk memperhatikan tata letak dan penggunaan gambar atau grafik yang relevan agar audiens mudah memahami informasi yang disampaikan.

5. Membuat Slide Kesimpulan

Slide kesimpulan digunakan untuk memberikan ringkasan dari informasi yang telah disampaikan. Pada slide ini, biasanya terdapat poin-poin utama yang telah dibahas dalam presentasi. Pastikan untuk membuat kesimpulan yang singkat dan mudah dipahami oleh audiens.

6. Membuat Slide Penutup

Slide penutup digunakan untuk mengakhiri presentasi. Pada slide ini, biasanya terdapat ucapan terima kasih dan informasi kontak pembuat presentasi. Pastikan untuk membuat penutup yang singkat namun memberikan kesan yang kuat pada audiens.

Itulah langkah-langkah dalam membuat slide presentasi yang efektif. Pastikan untuk memperhatikan tata letak, penggunaan gambar atau grafik yang relevan, dan penulisan yang jelas dan mudah dipahami oleh audiens. Selamat mencoba!

Menambahkan Efek pada Slide

Jika Anda ingin menambahkan sedikit kehidupan pada presentasi PowerPoint Anda, ada beberapa cara untuk melakukannya. Anda dapat menambahkan animasi pada objek-objek pada slide dan juga menambahkan transisi antara slide. Berikut adalah cara untuk menambahkan efek-efek ini pada presentasi Anda:

Menambahkan Animasi pada Objek pada Slide

1. Pertama, pilih objek (gambar, teks, dll) yang ingin ditambahkan efek animasi.

2. Pilih tab “Animasi” di menu utama PowerPoint.

3. Pilih animasi yang diinginkan dari daftar. Anda dapat menemukan animasi dasar seperti “Fade In” dan “Fly In”, atau menemukan animasi yang lebih kompleks seperti “Spin” dan “Grow & Turn”.

4. Atur efek animasi pada objek menjadi “On Click” atau “With Previous” untuk mengontrol kapan efek animasi dimulai.

5. Anda juga dapat menyesuaikan durasi dan kecepatan efek animasi dengan memilih “Effect Options” di bawah tab “Animasi”.

Menambahkan Transisi antara Slide

1. Pilih slide yang ingin ditambahkan transisi.

2. Pilih tab “Transisi” di menu utama PowerPoint.

3. Pilih transisi yang diinginkan dari daftar. Ada banyak opsi transisi yang tersedia, seperti “Fade”, “Push”, dan “Split”.

4. Anda juga dapat menyesuaikan durasi dan kecepatan transisi dengan memilih “Effect Options” di bawah tab “Transisi”.

5. Untuk menerapkan transisi ke seluruh presentasi, klik “Apply to All Slides” pada bagian bawah tab “Transisi”.

Menambahkan Efek pada Slide tutorial pembuatan ppt

Dengan menambahkan animasi pada objek dan transisi antara slide, Anda dapat menambahkan sedikit kehidupan pada presentasi PowerPoint Anda. Pastikan untuk tidak terlalu banyak menggunakannya, karena terlalu banyak efek dapat mengganggu fokus audiens dari isi presentasi Anda.

Menambahkan Media pada Slide

PowerPoint adalah salah satu aplikasi presentasi yang paling populer di dunia. Dalam membuat presentasi, seringkali kita membutuhkan tambahan media seperti gambar, audio dan video untuk menjelaskan topik yang sedang dibahas. Berikut adalah cara menambahkan media pada slide di PowerPoint:

Menambahkan Gambar

Untuk menambahkan gambar pada slide, klik tab “Insert” di menu bar lalu pilih “Images”. Pilih gambar yang ingin ditambahkan dan klik “Insert”. PowerPoint akan menempatkan gambar di tengah slide secara otomatis. Klik dan seret gambar ke posisi yang diinginkan.

Menambahkan Audio

Untuk menambahkan audio pada slide, klik tab “Insert” di menu bar lalu pilih “Audio”. Pilih audio yang ingin ditambahkan dan klik “Insert”. PowerPoint akan menempatkan audio di tengah slide secara otomatis. Klik dan seret audio ke posisi yang diinginkan. Untuk memutar audio, klik pada tombol “Play” di bagian bawah audio.

Menambahkan Video

Untuk menambahkan video pada slide, klik tab “Insert” di menu bar lalu pilih “Video”. Pilih video yang ingin ditambahkan dan klik “Insert”. PowerPoint akan menempatkan video di tengah slide secara otomatis. Klik dan seret video ke posisi yang diinginkan. Untuk memutar video, klik pada tombol “Play” di bagian bawah video.

Dengan menambahkan media pada slide, presentasi kita akan menjadi lebih menarik dan mudah dipahami oleh audiens. Selamat mencoba!

Tutorial Menambahkan Media pada Slide

Menambahkan Grafik pada Slide

Grafik merupakan salah satu elemen penting dalam sebuah presentasi. Grafik dapat membantu menyampaikan informasi dengan lebih jelas dan mudah dipahami oleh audiens. Berikut adalah cara untuk menambahkan grafik pada slide:

Menambahkan Tabel

Untuk menambahkan tabel pada slide, pilih menu Insert dan klik Table. Pilih ukuran tabel yang diinginkan dan klik pada sel yang ingin diisi dengan teks atau angka. Tabel dapat disesuaikan dengan mengatur ukuran, warna, dan font.

Menambahkan Diagram

Untuk menambahkan diagram pada slide, pilih menu Insert dan klik Diagram. Pilih jenis diagram yang diinginkan, seperti diagram garis, diagram batang, atau diagram lingkaran. Isi data pada diagram sesuai dengan kebutuhan dan atur tampilannya agar sesuai dengan tema presentasi.

Menambahkan Grafik

Untuk menambahkan grafik pada slide, pilih menu Insert dan klik Grafik. Pilih jenis grafik yang diinginkan, seperti grafik garis, grafik batang, atau grafik lingkaran. Masukkan data pada grafik dan atur tampilannya agar sesuai dengan tema presentasi.

Menambahkan Grafik pada Slide

Dengan menambahkan tabel, diagram, dan grafik pada slide, presentasi akan menjadi lebih menarik dan mudah dipahami oleh audiens. Pastikan untuk memilih jenis grafik yang sesuai dengan data yang akan disajikan dan atur tampilannya agar sesuai dengan tema presentasi.

Menambahkan Komentar pada Slide

Microsoft PowerPoint adalah salah satu aplikasi presentasi yang paling populer digunakan di seluruh dunia. Di dalam aplikasi ini, pengguna dapat menampilkan informasi menggunakan slide serta menambahkan gambar, grafik, audio, video, dan objek lainnya. Selain itu, pengguna juga dapat menambahkan komentar pada slide dan objek di slide.

Menambahkan Komentar pada Slide

Untuk menambahkan komentar pada slide, pengguna dapat mengikuti langkah berikut:

  1. Pada slide yang ingin ditambahkan komentar, klik kanan pada area kosong di slide dan pilih opsi ‘Tambah Komentar’.
  2. Setelah itu, akan muncul kotak dialog ‘Komentar’. Pengguna dapat mengetikkan komentar pada kotak tersebut.
  3. Setelah selesai menulis komentar, pengguna dapat klik tombol ‘OK’ untuk menyimpan komentar.
  4. Untuk melihat komentar yang telah ditambahkan, pengguna dapat klik pada ikon komentar yang terletak di sisi kanan slide.

Menambahkan komentar pada slide dapat membantu pengguna untuk memberikan penjelasan tambahan atau catatan pada slide tersebut. Selain itu, komentar juga dapat membantu pengguna untuk mengingat informasi yang penting pada slide tersebut.

Menambahkan Komentar pada Objek di Slide

Selain menambahkan komentar pada slide, pengguna juga dapat menambahkan komentar pada objek di slide. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Pada objek yang ingin ditambahkan komentar, klik kanan dan pilih opsi ‘Tambah Komentar’.
  2. Setelah itu, akan muncul kotak dialog ‘Komentar’. Pengguna dapat mengetikkan komentar pada kotak tersebut.
  3. Setelah selesai menulis komentar, pengguna dapat klik tombol ‘OK’ untuk menyimpan komentar.
  4. Untuk melihat komentar yang telah ditambahkan, pengguna dapat klik pada ikon komentar yang terletak di sisi objek tersebut.

Menambahkan komentar pada objek dapat membantu pengguna untuk memberikan penjelasan tambahan atau catatan pada objek tersebut. Hal ini dapat membantu pengguna untuk memberikan informasi yang lebih jelas dan mudah dipahami oleh audiens.

Menambahkan Komentar pada Slide tutorial pembuatan ppt

Menyimpan dan Mempresentasikan PPT dengan Benar

Menyimpan dan Mempresentasikan PPT tutorial pembuatan ppt

Microsoft PowerPoint adalah salah satu program presentasi yang paling populer yang digunakan untuk membuat presentasi untuk berbagai keperluan. Setelah membuat presentasi, langkah selanjutnya adalah menyimpan dan mempresentasikan PowerPoint dengan pengaturan yang tepat. Berikut adalah beberapa tips untuk menyimpan dan mempresentasikan PowerPoint dengan benar:

Menyimpan PPT

Setelah selesai membuat presentasi, cara menyimpannya sangatlah mudah. Anda harus mengklik menu “File” di pojok kiri atas layar, kemudian pilih “Save” atau “Save As” jika Anda ingin memberikan nama baru pada file presentasi tersebut. Untuk menghindari kehilangan data, disarankan untuk menyimpan presentasi secara berkala selama proses pengeditan.

Menyimpan PPT dalam Format yang Berbeda

PowerPoint memungkinkan Anda untuk menyimpan presentasi dalam berbagai format file yang berbeda seperti .pptx, .ppt, .pdf, .jpeg, .png, dan lainnya. Setiap format memiliki kegunaannya masing-masing. Misalnya, jika Anda perlu mengirim presentasi melalui email, Anda harus menyimpannya dalam format PDF. Untuk menyimpan presentasi dalam format yang berbeda, Anda dapat mengklik menu “File” dan memilih opsi “Save As”. Kemudian, pilih format file yang diinginkan.

Mempresentasikan PPT dengan Pengaturan yang Tepat

Sebelum mempresentasikan PPT, pastikan bahwa pengaturan presentasi sudah disesuaikan. Pastikan bahwa tampilan presentasi sudah sesuai dengan selera Anda dan sesuai dengan tujuan presentasi. Anda juga dapat menambahkan suara atau musik sebagai latar belakang untuk meningkatkan kualitas presentasi. Saat mempresentasikan, gunakan remote control untuk mengontrol tampilan slide dan memberikan pandangan langsung pada audiens.

Dengan tips di atas, Anda dapat menyimpan dan mempresentasikan PowerPoint dengan benar. Pastikan untuk selalu menyimpan presentasi dengan format yang tepat dan menyesuaikan pengaturan presentasi sebelum mempresentasikannya. Dengan cara ini, Anda dapat memberikan presentasi yang menarik dan berkesan.

Tips dan Trik dalam Pembuatan PPT

Tutorial Pembuatan PPT

Pembuatan presentasi powerpoint (PPT) dapat menjadi tugas yang menantang. Namun, jika dilakukan dengan tepat, presentasi tersebut dapat menjadi alat komunikasi yang sangat efektif. Berikut adalah beberapa tips dan trik yang dapat membantu Anda membuat presentasi PPT yang menarik dan mudah dipahami:

1. Memilih Warna yang Sesuai

Warna dapat memengaruhi cara orang memandang presentasi Anda. Pilihlah warna yang sesuai dengan topik presentasi Anda dan hindari menggunakan terlalu banyak warna. Terlalu banyak warna dapat membuat presentasi terlihat berantakan dan membingungkan. Gunakan warna-warna netral sebagai latar belakang dan warna yang lebih cerah untuk menyoroti poin-poin penting.

2. Menggunakan Font yang Jelas dan Mudah Dibaca

Pilihlah font yang jelas dan mudah dibaca. Hindari menggunakan font yang terlalu kecil atau terlalu dekoratif. Ukuran font yang disarankan adalah antara 24 hingga 32 untuk teks dan antara 36 hingga 44 untuk judul. Gunakan font yang konsisten pada seluruh slide dan pastikan kontras antara teks dan latar belakang untuk memudahkan pembacaan.

3. Menyederhanakan Konten pada Slide

Presentasi yang terlalu banyak informasi dapat membuat audiens merasa kewalahan dan kehilangan fokus. Karena itu, pastikan untuk menyederhanakan setiap slide dan hanya menampilkan informasi yang paling penting. Gunakan gambar dan grafik untuk membantu mengilustrasikan poin-poin Anda dan hindari menggunakan terlalu banyak teks pada satu slide.

Dengan menerapkan tips dan trik di atas, Anda dapat membuat presentasi PPT yang menarik dan efektif. Ingatlah untuk selalu memeriksa dan mengevaluasi presentasi Anda untuk memastikan bahwa semuanya terlihat dan terdengar baik.

Pentingnya Pembuatan PPT yang Baik dan Benar

PPT atau presentasi adalah salah satu cara yang efektif untuk menyampaikan informasi dengan lebih jelas dan menarik. Namun, pembuatan PPT yang baik dan benar juga sangat penting untuk memastikan presentasi dapat disampaikan dengan baik dan dapat diterima oleh audiens.

Ada beberapa hal penting yang harus dipertimbangkan dalam pembuatan PPT yang baik dan benar, seperti:

  • Menentukan tujuan presentasi
  • Menentukan audiens
  • Mempersiapkan isi presentasi
  • Memilih desain template yang sesuai
  • Menambahkan elemen visual yang menarik
  • Menjaga tata letak yang jelas dan teratur
  • Memastikan presentasi dapat diakses dan dimengerti oleh audiens

Manfaat dari Pembuatan PPT yang Baik dan Benar

Pembuatan PPT yang baik dan benar tidak hanya memastikan presentasi dapat tersampaikan dengan baik, tetapi juga memiliki manfaat lain seperti:

  • Memudahkan audiens untuk memahami informasi yang disampaikan
  • Meningkatkan ketertarikan audiens terhadap presentasi
  • Meningkatkan profesionalitas presenter
  • Memberikan kesan positif pada audiens tentang presentasi dan presenter
  • Mempermudah presentasi untuk diingat dan dibagikan

Kesimpulan tentang Pembuatan PPT yang Baik dan Benar

Dalam pembuatan PPT, tidak hanya memperhatikan isinya saja tetapi juga penampilannya. Pembuatan PPT yang baik dan benar dapat memberikan manfaat bagi presenter dan audiens, sehingga sangat penting untuk dilakukan dengan baik. Dengan memperhatikan hal-hal penting di atas, pembuatan PPT yang baik dan benar dapat membantu presentasi menjadi lebih efektif dan berkesan.