Cara Membuat Videoscribe: Panduan Lengkap dengan Contoh

Posted on 248 views

Pengenalan Videoscribe

Videoscribe adalah salah satu software yang digunakan untuk membuat presentasi animasi atau video animasi. Software ini memungkinkan user untuk membuat video animasi dengan mudah dan cepat, tanpa harus memiliki keahlian khusus dalam bidang desain grafis.

Kelebihan Videoscribe

  • Memiliki tampilan yang simpel dan mudah digunakan
  • Menyediakan banyak pilihan gambar dan suara yang bisa digunakan
  • Memungkinkan user untuk mengatur durasi dan waktu tampilan gambar/suara sesuai keinginan
  • Memiliki fitur untuk mengimpor gambar dan suara dari luar
  • Dapat digunakan untuk membuat video animasi dengan berbagai jenis tema dan gaya

Kekurangan Videoscribe

  • Harga yang cukup mahal dibandingkan dengan software sejenis
  • Tidak menyediakan fitur untuk mengedit video dalam software tersebut
  • Tidak menyediakan opsi untuk menambahkan efek transisi dalam video

Memulai menggunakan Videoscribe

Untuk memulai menggunakan Videoscribe, pertama-tama user harus mengunduh dan menginstal software tersebut pada perangkat yang digunakan. Setelah itu, user dapat mulai membuat video animasi dengan memilih gambar-gambar yang tersedia di dalam software atau mengimpor gambar dari luar. User juga dapat menambahkan suara atau musik pada video animasi tersebut.

Setelah user selesai membuat video animasi, user dapat menyimpan video tersebut dalam format yang diinginkan atau mengunggahnya ke berbagai platform seperti Youtube atau Vimeo.

Dengan kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya, Videoscribe dapat menjadi pilihan yang tepat untuk user yang ingin membuat video animasi dengan mudah dan cepat. Dengan mengikuti panduan dan tutorial yang tersedia, user dapat menghasilkan video animasi yang menarik dan berkualitas tinggi.

Read more:

Contoh gambar Videoscribe

Panduan Dasar Videoscribe

Panduan Dasar Videoscribe tutorial membuat videoscribe

Videoscribe adalah software animasi yang memungkinkan pengguna untuk membuat video animasi dengan mudah. Dalam artikel ini, kita akan membahas panduan dasar Videoscribe untuk memahami tampilan workspace Videoscribe, menggunakan menu dan tool pada Videoscribe, serta menambahkan teks dan gambar pada Videoscribe.

Memahami Tampilan Workspace Videoscribe

Tampilan workspace Videoscribe terdiri dari beberapa komponen, yaitu:

  1. Canvas: area kerja untuk membuat animasi.
  2. Toolbar: tempat untuk mengakses alat dan menu.
  3. Timeline: menampilkan durasi animasi dan objek yang sudah ditambahkan.
  4. Library: tempat untuk menyimpan gambar, musik, dan suara yang ingin digunakan.

Menggunakan Menu dan Tool pada Videoscribe

Menu dan tool pada Videoscribe banyak digunakan untuk membuat animasi. Beberapa menu dan tool yang sering digunakan adalah:

  1. Alat Gambar: untuk menambahkan gambar pada animasi.
  2. Alat Teks: untuk menambahkan teks pada animasi.
  3. Alat Efek: untuk menambahkan efek animasi seperti pergerakan atau rotasi.
  4. Alat Warna: untuk membuat warna pada animasi.
  5. Menu File: untuk menyimpan atau membuka proyek animasi.
  6. Menu Playback: untuk memutar animasi secara real time.

Menambahkan Teks dan Gambar pada Videoscribe

Untuk menambahkan teks dan gambar pada Videoscribe, kita dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pilih alat gambar atau teks pada toolbar.
  2. Pilih gambar atau teks yang ingin ditambahkan pada library.
  3. Drag dan drop gambar atau teks ke canvas.
  4. Atur durasi dan efek animasi pada timeline.

Dengan mengikuti panduan dasar Videoscribe di atas, kita dapat membuat animasi dengan mudah dan cepat tanpa harus menguasai teknik animasi yang rumit.

Menggunakan Gambar dan Ikon pada Videoscribe

Videoscribe adalah software animasi yang memungkinkan kita untuk membuat video animasi yang menarik. Salah satu fitur utama dari Videoscribe adalah kemampuan untuk menambahkan gambar dan ikon ke dalam video animasi kita. Dalam artikel ini, kita akan membahas bagaimana cara membuat gambar dengan Inkscape, cara mengimpor gambar dan ikon ke Videoscribe, serta cara menambahkan efek animasi pada gambar dan ikon.

Membuat Gambar dengan Inkscape

Langkah pertama dalam menggunakan gambar pada Videoscribe adalah dengan membuat gambar terlebih dahulu. Untuk membuat gambar, kita dapat menggunakan software seperti Inkscape. Inkscape adalah software open-source yang dapat digunakan untuk membuat gambar vektor. Dengan menggunakan Inkscape, kita dapat membuat gambar yang berkualitas tinggi dan dapat diskalakan tanpa kehilangan kualitas.

Setelah membuat gambar dengan Inkscape, kita dapat menyimpannya dalam format .svg. Format ini dapat diimpor ke Videoscribe dengan mudah dan tetap mempertahankan kualitas gambar yang tinggi.

Import Gambar dan Ikon ke Videoscribe

Langkah selanjutnya adalah mengimpor gambar dan ikon ke Videoscribe. Kita dapat mengimpor gambar dan ikon dengan mengklik tombol “Add or Replace Image” pada menu Images di Videoscribe. Kemudian, pilihlah gambar atau ikon yang ingin kita impor dari komputer atau perangkat penyimpanan lainnya.

Pastikan bahwa gambar atau ikon yang kita impor memiliki format .svg. Format lain seperti .jpg dan .png juga dapat digunakan, tetapi kualitas gambar akan menurun ketika gambar diubah ukurannya.

Menambahkan Efek Animasi pada Gambar dan Ikon

Setelah gambar atau ikon berhasil diimpor ke Videoscribe, kita dapat menambahkan efek animasi pada gambar atau ikon tersebut. Kita dapat menambahkan efek animasi dengan mengklik tombol “Animate” pada menu Options di Videoscribe.

Pilihlah efek animasi yang kita inginkan untuk gambar atau ikon tersebut. Beberapa efek animasi yang tersedia di Videoscribe antara lain adalah Fade In, Move In, Draw, dan banyak lagi.

Setelah memilih efek animasi, kita dapat menyesuaikan durasi dan waktu munculnya efek animasi tersebut. Hal ini dapat dilakukan dengan mengklik tombol “Set Time” pada menu Options di Videoscribe.

Dengan menambahkan efek animasi pada gambar dan ikon, kita dapat membuat video animasi kita menjadi lebih menarik dan dinamis.

Tutorial Membuat Videoscribe

Dalam artikel ini, kita telah membahas bagaimana cara menggunakan gambar dan ikon pada Videoscribe. Mulai dari cara membuat gambar dengan Inkscape, mengimpor gambar dan ikon ke Videoscribe, hingga menambahkan efek animasi pada gambar dan ikon. Dengan menguasai teknik ini, kita dapat membuat video animasi yang lebih menarik dan profesional menggunakan Videoscribe.

Videoscribe adalah salah satu software untuk membuat animasi whiteboard video yang cukup populer. Salah satu fitur menarik yang ditawarkan oleh software ini adalah kemampuan untuk membuat animasi teks yang menarik. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara membuat animasi teks pada Videoscribe.

1. Menambahkan Teks pada Videoscribe

Langkah pertama adalah menambahkan teks pada tampilan Videoscribe. Kita bisa memilih menu “Add Text” yang terletak di bagian atas menu Videoscribe. Setelah itu, kita bisa mengetikkan teks yang ingin ditampilkan pada tampilan Videoscribe.

2. Mengubah Font dan Warna Teks

Selanjutnya, kita bisa mengubah font dan warna teks sesuai dengan keinginan kita. Caranya cukup mudah, kita bisa memilih teks yang ingin diubah, lalu pilih menu “Font” dan “Color” untuk mengubah font dan warna teks.

3. Menambahkan Efek Animasi pada Teks

Langkah terakhir adalah menambahkan efek animasi pada teks. Videoscribe menyediakan berbagai macam efek animasi yang bisa kita pilih sesuai dengan keinginan kita. Kita bisa memilih menu “Animate” yang terletak di bagian bawah layar, lalu pilih efek animasi yang diinginkan.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kita dapat membuat animasi teks yang menarik pada Videoscribe. Pastikan untuk memilih font dan warna yang sesuai dengan tema animasi yang akan dibuat, serta memilih efek animasi yang menarik untuk memperkaya tampilan animasi tersebut. Berikut ini adalah contoh animasi teks yang dibuat dengan Videoscribe.

tutorial membuat videoscribe

Menggunakan Suara pada Videoscribe

Videoscribe adalah jenis software yang digunakan untuk membuat video animasi. Video animasi tersebut dapat diatur dengan berbagai macam efek animasi. Selain itu, Videoscribe juga mendukung penggunaan suara pada video yang dibuat. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan bagaimana cara menggunakan suara pada Videoscribe.

Menambahkan Audio pada Videoscribe

Untuk menambahkan audio pada Videoscribe, pengguna harus menambahkan audio file terlebih dahulu ke dalam library di Videoscribe. Caranya adalah dengan mengklik tombol “Import” pada bagian kiri atas layar, lalu pilih file audio yang ingin ditambahkan. Setelah itu, drag dan drop file audio tersebut ke dalam timeline di bawah canvas.

Mengatur Timing Suara dengan Animasi

Setelah audio file ditambahkan ke timeline, pengguna dapat mengatur timing suara dengan animasi. Caranya adalah dengan menekan tombol “Animate” pada elemen yang ingin diatur, lalu klik pada tombol “Soundtrack” pada bagian bawah layar. Setelah itu, tentukan waktu mulai dan waktu akhir suara pada animasi tersebut.

Mengubah Volume dan Efek Suara

Pengguna dapat mengubah volume suara dengan mengklik pada elemen suara pada timeline dan menggeser slider volume pada bagian bawah layar. Selain itu, pengguna dapat menambahkan efek pada suara dengan mengklik pada tombol “Effects” pada bagian bawah layar. Beberapa efek suara yang dapat ditambahkan antara lain reverb, chorus, dan reverse.

Dengan menambahkan suara pada video animasi, pengguna dapat membuat video yang lebih hidup dan menarik perhatian. Dengan menggunakan fitur yang tersedia pada Videoscribe, pengguna dapat mengatur suara dengan mudah dan sesuai dengan animasi yang dibuat.

Tutorial Menggunakan Suara pada Videoscribe

Ekspor dan Berbagi Videoscribe

Jika kamu sudah berhasil membuat video menarik dengan Videoscribe, selanjutnya kamu dapat menyimpannya dalam berbagai format ekspor sesuai kebutuhanmu. Ada beberapa format ekspor yang dapat kamu pilih, seperti:

1. MOV

MOV adalah format ekspor yang direkomendasikan untuk pengguna Mac. Format ini memiliki kualitas yang baik dan ukuran file yang relatif kecil. Kamu dapat memilih format ini jika ingin mengunggah video ke platform seperti Youtube, Vimeo, atau media sosial lainnya.

2. WMV

WMV adalah format ekspor yang direkomendasikan untuk pengguna Windows. Format ini juga memiliki kualitas yang baik dan umumnya ukuran file yang lebih kecil dibandingkan dengan format AVI. Kamu dapat memilih format ini jika ingin mengunggah video ke platform seperti Youtube, Vimeo, atau media sosial lainnya.

3. AVI

AVI adalah format ekspor yang memiliki ukuran file yang besar dan kualitas yang baik. Kamu dapat memilih format ini jika ingin mengedit atau mengolah video dengan software editing video lainnya.

Setelah memilih format ekspor yang diinginkan, selanjutnya kamu dapat menyimpan dan mengunggah video ke cloud, seperti Google Drive atau Dropbox. Langkah ini penting untuk memastikan video kamu aman dan dapat diakses kapan saja dan di mana saja.

Terakhir, kamu dapat membagikan video kamu ke media sosial atau platform video seperti Youtube atau Vimeo. Pastikan video kamu menarik dan sesuai dengan audiens yang dituju. Dengan begitu, video kamu dapat dengan mudah ditemukan dan diakses oleh banyak orang.

Dengan mengetahui cara ekspor dan berbagi Videoscribe, kamu dapat membuat video menarik dan menyebarkannya ke berbagai platform dengan mudah.

Ekspor dan Berbagi Videoscribe

Tips dan Trik Videoscribe: Memaksimalkan Penggunaan Aplikasi

Videoscribe adalah salah satu aplikasi yang berguna untuk membuat video animasi dengan mudah. Namun, tidak semua orang tahu cara menggunakan aplikasi ini. Oleh karena itu, kami akan memberikan tips dan trik untuk memaksimalkan penggunaan Videoscribe.

Menggunakan Shortcut Keyboard pada Videoscribe

Shortcut keyboard pada Videoscribe dapat mempercepat proses pengeditan video animasi. Berikut beberapa shortcut keyboard yang dapat digunakan pada Videoscribe:

  • Ctrl + C: Copy item
  • Ctrl + V: Paste item
  • Ctrl + X: Cut item
  • Ctrl + Z: Undo last action
  • Ctrl + Shift + Z: Redo last action
  • Ctrl + D: Duplicate selected item
  • Ctrl + A: Select all items in the current scene
  • Ctrl + Shift + A: Deselect all items in the current scene

Mengatasi Masalah Umum pada Videoscribe

Aplikasi Videoscribe dapat mengalami masalah saat digunakan. Berikut beberapa masalah umum dan cara mengatasinya:

  • Crash saat menggunakan aplikasi: Cobalah untuk memperbarui aplikasi dan pastikan komputer memiliki spesifikasi yang memadai.
  • Tidak dapat mengimpor gambar atau video: Pastikan gambar atau video tidak terlalu besar dan formatnya didukung oleh Videoscribe.
  • Tidak dapat menyimpan proyek: Pastikan komputer memiliki ruang penyimpanan yang cukup dan izin untuk menyimpan file.

Memaksimalkan Fitur-Fitur Videoscribe

Videoscribe memiliki beberapa fitur yang dapat memperindah video animasi. Berikut beberapa fitur yang dapat dimaksimalkan:

  • Library: Pilih gambar atau video yang ingin digunakan dari library Videoscribe.
  • Timeline: Atur durasi masing-masing item dalam video animasi pada timeline.
  • Music: Tambahkan musik latar belakang untuk membuat video animasi lebih hidup.
  • Hand Option: Atur tangan yang digunakan dalam video animasi untuk memberikan efek realistis.
  • Camera Positioning: Atur posisi kamera untuk memberikan efek pergerakan pada video animasi.

Dengan mengikuti tips dan trik ini, kamu dapat memaksimalkan penggunaan Videoscribe dan menghasilkan video animasi yang lebih menarik. Selamat mencoba!

Tutorial Videoscribe

Contoh Kasus Penggunaan Videoscribe

Videoscribe adalah software yang digunakan untuk membuat video animasi dengan mudah dan cepat. Berikut adalah contoh kasus penggunaan Videoscribe:

1. Membuat Video Presentasi Produk

Perusahaan dapat menggunakan Videoscribe untuk membuat video presentasi produk yang menarik dan informatif. Dalam video presentasi produk, perusahaan dapat memperkenalkan produk yang dijual, menyoroti keunggulan produk dan memberikan informasi tentang cara penggunaannya.

2. Membuat Video Promosi Acara

Videoscribe juga dapat digunakan untuk membuat video promosi acara seperti seminar, konser, atau pameran. Dalam video promosi acara, dapat ditampilkan informasi tentang waktu dan tempat acara, serta detail lainnya seperti tema acara dan pembicara yang akan hadir. Video promosi acara akan membantu dalam mempromosikan acara dan meningkatkan minat peserta.

3. Membuat Video Tutorial Pendidikan

Selain itu, Videoscribe juga dapat digunakan untuk membuat video tutorial pendidikan. Dalam video tutorial pendidikan, dapat dijelaskan materi pelajaran seperti matematika, fisika, biologi dan lainnya. Video tutorial pendidikan yang dibuat dengan Videoscribe akan membantu siswa dalam memahami materi pelajaran dengan cara yang mudah dan menarik.

Contoh Kasus Penggunaan Videoscribe

Demikianlah contoh kasus penggunaan Videoscribe. Dengan Videoscribe, Anda dapat membuat video animasi dengan mudah dan cepat untuk berbagai keperluan.

Mengembangkan Skill Videoscribe

VideoScribe adalah salah satu aplikasi pembuat video animasi yang populer di dunia saat ini. Dalam menggunakan VideoScribe, membutuhkan kemampuan kreatifitas yang tinggi untuk menciptakan video yang menarik dan mudah dipahami. Berikut adalah beberapa tips untuk meningkatkan skill VideoScribe Anda:

1. Meningkatkan Kreativitas dalam Membuat Video

Pertama-tama, untuk meningkatkan kreativitas dalam membuat video, Anda perlu memperluas wawasan dan pengetahuan tentang topik atau konsep yang ingin Anda sampaikan dalam video. Cobalah untuk selalu mencari sumber inspirasi baru seperti melihat video dan tutorial yang ada di Youtube atau website lainnya. Selain itu, cobalah membuat sketsa atau gambar-gambar kecil yang dapat membantu Anda memvisualisasikan konsep yang ingin Anda sampaikan.

2. Mengikuti Komunitas dan Forum VideoScribe

Anda dapat bergabung dengan komunitas dan forum VideoScribe yang ada di internet untuk memperoleh informasi dan berbagi pengalaman dengan pengguna lainnya. Di komunitas dan forum tersebut, Anda dapat bertanya dan berbagi informasi tentang trik dan tips dalam menggunakan VideoScribe. Selain itu, Anda juga dapat memperoleh inspirasi baru dari hasil karya pengguna VideoScribe lainnya.

3. Mengikuti Workshop dan Pelatihan VideoScribe

Untuk meningkatkan keterampilan dalam menggunakan VideoScribe, Anda dapat mengikuti workshop atau pelatihan yang diadakan oleh pengguna VideoScribe yang berpengalaman. Di workshop atau pelatihan tersebut, Anda akan memperoleh pengetahuan lebih tentang cara menggunakan VideoScribe secara efektif dan efisien. Anda juga dapat memperoleh tips dan trik untuk membuat video yang lebih menarik dan mudah dipahami.

Dengan meningkatkan kreativitas dalam membuat video, bergabung dengan komunitas dan forum VideoScribe, serta mengikuti workshop atau pelatihan VideoScribe, diharapkan Anda dapat mengembangkan skill VideoScribe Anda dengan baik dan menghasilkan video yang menarik serta mudah dipahami oleh orang lain.

tutorial membuat videoscribe

Ringkasan Belajar Menggunakan Videoscribe

Videoscribe adalah software yang memungkinkan pengguna untuk membuat presentasi animasi dengan mudah dan cepat. Dalam mempelajari Videoscribe, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan seperti membuat gambar vektor, menjaga konsistensi, dan memilih musik yang tepat. Selain itu, ada juga beberapa tips dan trik yang dapat membantu pengguna untuk menghasilkan presentasi yang lebih baik.

Selama proses belajar menggunakan Videoscribe, pengguna harus memahami konsep-konsep dasar seperti bagaimana memilih gambar yang tepat, bagaimana memanipulasi gambar, dan bagaimana menambahkan teks dan musik. Setelah memahami hal-hal tersebut, pengguna dapat mulai membangun presentasi yang menarik dan informatif.

Di samping itu, ada juga beberapa hal yang harus dihindari dalam membuat presentasi Videoscribe seperti penggunaan terlalu banyak teks dan gambar yang bergerak terlalu cepat. Pengguna juga perlu memperhatikan aspek visual dan audio dari presentasi agar lebih menarik dan mudah dipahami oleh audiens.

Saran untuk Pengembangan Kemampuan Menggunakan Videoscribe

Untuk meningkatkan kemampuan dalam menggunakan Videoscribe, pengguna dapat melakukan beberapa hal seperti:

  • Berlatih membuat presentasi yang lebih kompleks dengan menggunakan lebih banyak elemen seperti gambar, teks, dan musik.
  • Mengikuti tutorial dan tips dari pengguna Videoscribe yang lebih berpengalaman.
  • Mencari inspirasi dari presentasi Videoscribe yang telah dibuat oleh pengguna lain di internet.
  • Menggabungkan presentasi Videoscribe dengan platform presentasi lainnya untuk menciptakan pengalaman presentasi yang lebih dinamis.

Dengan mengikuti saran-saran tersebut, pengguna dapat memperbaiki kemampuan mereka dalam membuat presentasi Videoscribe yang lebih baik dan menarik. Dengan presentasi yang baik, pengguna dapat memperkuat pesan yang ingin disampaikan dan memberikan pengalaman yang lebih baik untuk audiens.

Gambar Kesimpulan Tutorial Membuat Videoscribe