Tutorial Membuat Tas Tali Kur untuk Pemula

Posted on 18 views

Pendahuluan

Tas tali kur atau juga dikenal sebagai tas rajut, merupakan tas yang terbuat dari bahan tali kur yang dianyam dengan teknik rajutan tertentu. Tas ini memiliki tampilan yang unik dan cocok untuk dipakai dalam berbagai kegiatan, mulai dari kegiatan harian hingga kegiatan formal.

Ada beberapa alasan mengapa membuat tas tali kur menjadi populer dalam beberapa tahun terakhir. Pertama, tas tali kur dapat dibuat dengan biaya yang relatif murah. Selain itu, bahan yang digunakan untuk membuat tas tali kur juga mudah didapat, sehingga siapa saja dapat memulai proyek membuat tas tali kur tanpa perlu mengeluarkan banyak uang.

Kedua, membuat tas tali kur juga merupakan kegiatan yang menyenangkan dan dapat meningkatkan kreativitas. Dalam membuat tas tali kur, seseorang dapat berkreasi dalam memilih warna dan pola yang diinginkan. Selain itu, teknik rajutan yang digunakan dalam pembuatan tas tali kur juga dapat membantu meningkatkan keterampilan rajutan seseorang.

Oleh karena itu, tidak mengherankan jika membuat tas tali kur menjadi semakin populer di kalangan masyarakat. Dalam artikel ini, kita akan membahas tutorial tentang cara membuat tas tali kur untuk pemula.

tas tali kur

Bahan-bahan yang Dibutuhkan untuk Membuat Tas Tali Kur

Bagi Anda yang ingin membuat tas tali kur untuk pertama kali, pastikan Anda menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan terlebih dahulu. Berikut adalah bahan-bahan yang harus disiapkan:

1. Tali Kur

Tali kur adalah bahan utama yang digunakan untuk membuat tas. Anda bisa memilih tali kur dengan berbagai warna dan ukuran yang sesuai dengan keinginan. Pastikan tali kur yang digunakan berkualitas baik untuk menghasilkan tas yang tahan lama.

2. Gunting

Gunakan gunting untuk memotong tali kur dengan ukuran yang sesuai dengan desain tas yang ingin dibuat. Pastikan gunting yang digunakan cukup tajam sehingga memudahkan Anda untuk memotong tali kur dengan rapi.

3. Pita Pengikat

Pita pengikat digunakan untuk mengikat bagian-bagian tas yang sudah dipotong dan disusun menjadi bentuk tas. Pilih pita pengikat dengan warna yang sesuai dengan warna tali kur yang digunakan.

4. Sarung Tangan

Sarung tangan diperlukan untuk melindungi tangan dari potongan tali kur yang tajam dan kasar. Gunakan sarung tangan yang nyaman dan cukup kuat untuk melindungi tangan Anda selama proses pembuatan tas.

5. Penggaris dan Pensil

Penggaris dan pensil digunakan untuk membuat pola dan mengukur ukuran potongan tali kur dengan tepat. Pastikan penggaris dan pensil yang digunakan cukup tajam dan mudah digunakan.

6. Kain untuk Lining (Opsional)

Jika ingin membuat tas yang lebih kuat dan tahan lama, Anda bisa menambahkan kain untuk lining pada bagian dalam tas. Pilih kain yang kuat dan memiliki warna yang sesuai dengan warna tali kur yang digunakan.

Read more:

Bahan-bahan yang Dibutuhkan untuk Membuat Tas Tali Kur

langkah-langkah Pembuatan Tas Tali Kur untuk Pemula

Tas Tali Kur

Membuat tas tali kur adalah salah satu kegiatan yang menarik dan menyenangkan. Selain itu, tas tali kur juga bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin membuat tas sendiri. Berikut ini adalah langkah-langkah pembuatan tas tali kur untuk pemula:

1. Membuat Pola Dasar

Langkah pertama adalah membuat pola dasar tas. Anda bisa membuat pola dasar sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Caranya dengan mengukur ketinggian, lebar, dan panjang tas. Kemudian, gambar pola dasar menggunakan kertas atau kain bekas.

2. Memotong Tali Kur sesuai Pola

Setelah pola dasar selesai dibuat, langkah selanjutnya adalah memotong tali kur sesuai dengan pola. Pastikan Anda memotong tali kur dengan tepat dan sesuai dengan ukuran yang dibutuhkan.

3. Mengikat Tali Kur untuk Membentuk Body Tas

Setelah tali kur dipotong, langkah selanjutnya adalah mengikat tali kur untuk membentuk body tas. Caranya dengan menjahit ujung-ujung tali kur dan menjadikannya sebuah lingkaran. Kemudian, ikat tali kur tersebut hingga membentuk body tas.

4. Membuat Tali Pengikat

Langkah berikutnya adalah membuat tali pengikat untuk tas. Anda bisa menggunakan tali kur yang sama dengan tali kur yang digunakan untuk membentuk body tas. Caranya dengan memotong tali kur dan mengikatnya hingga membentuk tali pengikat yang cukup panjang.

5. Menjahit Tali Pengikat ke Body Tas

Setelah tali pengikat selesai dibuat, langkah selanjutnya adalah menjahit tali pengikat ke body tas. Caranya dengan menjahit ujung tali pengikat ke bagian atas body tas.

6. Membuat Bagian Atas Tas

Langkah selanjutnya adalah membuat bagian atas tas. Anda bisa menggunakan tali kur yang sama dengan tali kur yang digunakan untuk membuat body tas. Caranya dengan memotong tali kur dan mengikatnya hingga membentuk bagian atas tas yang sesuai dengan ukuran body tas.

7. Membuat Bagian Bawah Tas

Setelah bagian atas tas selesai dibuat, langkah selanjutnya adalah membuat bagian bawah tas. Caranya dengan menggunakan kain atau bahan lain yang sesuai dengan ukuran body tas. Kemudian, jahit kain tersebut ke bagian bawah tas.

8. Menggabungkan Bagian Atas dan Bawah Tas

Langkah selanjutnya adalah menggabungkan bagian atas dan bawah tas. Caranya dengan menjahit bagian atas tas ke bagian bawah tas hingga pembuatan tas selesai.

9. Menjahit Lining ke dalam Tas (Opsional)

Jika Anda menginginkan tas yang lebih rapi dan terlihat bagus, Anda bisa menambahkan lining ke dalam tas. Caranya dengan membuat lining dari kain yang sesuai dengan ukuran tas. Kemudian, jahit lining ke dalam tas menggunakan mesin jahit atau jahit tangan.

Demikianlah langkah-langkah pembuatan tas tali kur untuk pemula. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda bisa membuat tas tali kur sendiri dengan mudah. Selamat mencoba!

Tas tali kur merupakan alternatif yang murah dan mudah untuk membuat tas sendiri. Namun, agar tas tali kur yang dibuat terlihat baik dan tahan lama, ada beberapa tips dan trik yang perlu diperhatikan.

Gunakan tali kur berkualitas baik

Memilih bahan yang berkualitas adalah kunci untuk membuat tas tali kur yang tahan lama. Pilih tali kur yang tebal dan kuat, dan pastikan tidak ada kerusakan pada tali tersebut.

Pastikan anda menggunakan sarung tangan saat memotong tali kur

Meskipun tali kur terlihat halus, namun bahan pembuatannya cukup kuat dan dapat membuat luka di tangan. Pastikan Anda menggunakan sarung tangan saat memotong tali kur.

Gunakan penggaris untuk memastikan pola tas simetris

Meskipun tas tali kur terlihat sederhana, pastikan Anda menggunakan penggaris dan alat pengukur lainnya untuk memastikan pola tas tetap simetris dan rapi.

Jangan terlalu kencang saat mengikat tali kur

Agar tas tali kur tidak terlihat tegang dan kencang, jangan terlalu kuat saat mengikat tali kur. Pastikan tali kur tidak terlalu ketat saat diikat agar tas mudah dibuka dan ditutup.

Pastikan tali pengikat cukup panjang untuk memudahkan membuka dan menutup tas

Agar tas tali kur mudah dibuka dan ditutup, pastikan tali pengikat cukup panjang. Pastikan juga tali pengikat tidak terlalu panjang sehingga mengganggu aktivitas Anda saat menggunakan tas tersebut.

Jika membuat lining, pastikan kainnya cocok dengan ukuran tas

Jika Anda membuat lining untuk tas tali kur, pastikan kainnya cocok dengan ukuran tas. Pastikan juga kain lining tidak terlalu tebal sehingga membuat tas terlihat kelebihan berat.

Tutorial membuat tas tali kur

Tas tali kur adalah salah satu jenis tas yang populer digunakan untuk kegiatan outdoor atau travelling. Tas ini terbuat dari tali kur yang diikat dan dijalin dengan teknik tertentu sehingga membentuk sebuah tas yang kuat dan tahan lama. Membuat tas tali kur tidaklah sulit, bahkan pemula sekalipun bisa membuatnya dengan panduan yang tepat.

Untuk membuat tas tali kur, pertama-tama kita perlu menyiapkan bahan-bahan seperti tali kur, karabiner, dan gunting. Kemudian, ikuti langkah-langkah pada panduan membuat tas tali kur yang tepat. Di internet, terdapat banyak tutorial dan video yang bisa membantu kita dalam membuat tas tali kur.

Setelah kita berhasil membuat tas tali kur, kita bisa menggunakannya untuk berbagai kegiatan outdoor atau travelling. Tas tali kur ini cukup kuat dan tahan lama untuk membawa barang-barang yang lumayan berat. Selain itu, tas tali kur juga memiliki desain yang unik dan menarik, sehingga cocok digunakan oleh semua kalangan.

Dengan demikian, membuat tas tali kur tidaklah sulit dan sangat cocok untuk digunakan dalam berbagai kegiatan outdoor atau travelling. Bahkan, dengan panduan yang tepat, setiap pemula bisa membuat tas tali kur sendiri. Jadi, jangan ragu untuk mencoba membuat tas tali kur sendiri dan rasakan kepuasan saat menggunakan tas yang kita buat sendiri.

![Kesimpulan tutorial membuat tas tali kur untuk pemula](https://tse1.mm.bing.net/th?q=Kesimpulan tutorial membuat tas tali kur untuk pemula)