Untuk menambahkan judul, klik dua kali pada judul grafik yang ada dan ketikkan judul baru di dalam kotak teks.

Diposting pada 23 views

Pendahuluan: Tutorial Membuat Grafik di Word

Grafik adalah representasi visual dari data atau informasi yang dapat membantu pembaca untuk lebih mudah memahami dan membandingkan informasi. Microsoft Word memiliki fitur untuk membuat grafik yang dapat membantu dalam membuat laporan atau presentasi yang lebih menarik dan profesional.

Mengapa Menggunakan Grafik di Word

Grafik dapat membantu pembaca untuk lebih mudah memahami informasi yang disajikan dalam bentuk angka, tabel, atau diagram. Dengan menggunakan grafik, data yang kompleks dapat diubah menjadi bentuk visual yang lebih mudah dipahami. Selain itu, grafik juga dapat membuat laporan atau presentasi menjadi lebih menarik dan profesional.

Jenis-jenis Grafik yang Dapat Dibuat di Word

Microsoft Word memiliki beberapa jenis grafik yang dapat dibuat, antara lain:

  1. Grafik Batang: menampilkan data dalam bentuk batang vertikal atau horizontal.
  2. Grafik Garis: menampilkan data dalam bentuk garis yang menghubungkan titik data.
  3. Grafik Area: menampilkan data dalam bentuk area yang diisi dengan warna.
  4. Grafik Pie: menampilkan data dalam bentuk lingkaran yang dibagi menjadi beberapa bagian.
  5. Grafik Scatter: menampilkan data dalam bentuk titik-titik yang tersebar di seluruh grafik.

Dalam tutorial ini, kita akan membahas cara membuat grafik batang dan grafik pie di Microsoft Word.

Tutorial membuat grafik di Word

Persiapan Membuat Grafik

Sebelum membuat grafik di Microsoft Word, ada beberapa persiapan yang harus dilakukan. Berikut adalah panduan untuk mempersiapkan grafik:

Memilih Data yang Akan Digunakan

Pertama, tentukan data apa yang ingin Anda tampilkan dalam grafik. Pastikan data yang akan digunakan sudah terorganisir dengan baik dan mudah dipahami. Jika ada terlalu banyak data, pertimbangkan untuk memilah data yang paling relevan.

Read more:

Menentukan Jenis Grafik yang Sesuai

Setelah menentukan data yang akan digunakan, pertimbangkan jenis grafik yang sesuai untuk menampilkan data tersebut. Beberapa jenis grafik yang sering digunakan antara lain grafik batang, grafik garis, dan grafik pie. Pilih jenis grafik yang paling tepat untuk menampilkan data Anda.

Mengatur Ukuran dan Posisi Grafik di Dokumen Word

Setelah menentukan jenis grafik, selanjutnya aturlah ukuran dan posisi grafik tersebut di dokumen Word. Pastikan ukuran dan posisi grafik tidak terlalu besar atau terlalu kecil, dan tidak mengganggu tata letak keseluruhan dokumen. Anda dapat mengubah ukuran dan posisi grafik dengan mengklik grafik dan menyeretnya ke tempat yang diinginkan.

Dengan melakukan persiapan yang tepat, Anda dapat membuat grafik yang menarik dan mudah dipahami. Jangan lupa untuk mengedit grafik sesuai dengan kebutuhan, seperti memberikan judul yang jelas dan menambahkan label untuk setiap sumbu pada grafik.

Tutorial membuat grafik di Word

Membuat Grafik Sederhana dengan Microsoft Word

Grafik adalah alat penting dalam menyajikan data secara visual. Anda dapat membuat grafik sederhana dengan mudah menggunakan Microsoft Word. Dalam artikel ini, kami akan membahas cara membuat grafik sederhana dalam Word.

Membuka Fitur Grafik di Word

Langkah pertama dalam membuat grafik adalah membuka fitur grafik di Microsoft Word. Untuk melakukan hal ini, buka dokumen Word dan pergi ke tab “Sisipkan”. Di sana, Anda akan menemukan “Grafik” di grup “Ilustrasi”. Klik pada tombol “Grafik” untuk membuka panel “Grafik”.

Tutorial membuat grafik di Word

Memasukkan Data ke dalam Grafik

Setelah membuka panel “Grafik”, Anda akan melihat beberapa jenis grafik yang tersedia seperti grafik batang, grafik garis, dan lain-lain. Pilih jenis grafik yang sesuai untuk data Anda, lalu klik pada tombol “OK”. Setelah itu, jendela baru akan muncul dengan tabel kosong.

Anda perlu memasukkan data ke dalam tabel untuk membuat grafik. Ketik data Anda ke dalam tabel atau salin dan tempel data dari lembar Excel atau dokumen lain. Pastikan untuk memasukkan data dengan benar, karena kesalahan dalam data akan mempengaruhi hasil grafik.

Mengubah Tampilan Grafik

Sekarang grafik telah dibuat, Anda dapat mengubah tampilan grafik sesuai dengan kebutuhan Anda. Word menyediakan banyak pilihan untuk memformat grafik. Anda dapat mengubah jenis grafik, warna, label sumbu, dan banyak lagi.

Untuk memformat grafik, klik pada grafik untuk membuka “Peralatan Grafik” di tab “Desain” dan “Format”. Di sana Anda akan menemukan banyak pilihan untuk mengubah tampilan grafik.

Sekarang Anda telah belajar cara membuat grafik sederhana dalam Microsoft Word. Ingatlah bahwa grafik harus mudah dibaca dan mempresentasikan data dengan jelas. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat membuat grafik yang mudah dibaca dan informatif.

Membuat Grafik Lanjutan

Jika Anda sering menggunakan grafik dalam pekerjaan atau tugas, Anda mungkin ingin membuat grafik yang lebih kaya dengan menambahkan elemen seperti judul, label, dan legenda. Di sini kita akan membahas beberapa cara untuk meningkatkan grafik Anda dengan menambahkan elemen ini dan mengubah tampilan sumbu grafik.

Menambahkan Elemen ke Grafik

Judul, label, dan legenda dapat membantu menjelaskan apa yang sedang ditampilkan dalam grafik. Berikut adalah cara menambahkan elemen ini ke grafik Anda:

  1. Label: Untuk menambahkan label sumbu, klik dua kali pada sumbu vertikal atau horizontal dan ketikkan label baru di dalam kotak teks.
  2. Legenda: Untuk menambahkan legenda, klik kanan pada grafik dan pilih “Tambahkan Legenda”.

Mengubah Tampilan Sumbu Grafik

Anda juga bisa mengubah tampilan sumbu grafik seperti menambahkan nilai minimum dan maksimum atau menambahkan garis grid. Berikut adalah cara mengubah tampilan sumbu grafik:

  1. Mengubah nilai minimum dan maksimum: Klik kanan pada sumbu dan pilih “Format Axis”. Di bawah “Minimum” dan “Maksimum”, ketikkan nilai baru untuk sumbu.
  2. Menambahkan garis grid: Klik kanan pada grafik dan pilih “Tambahkan Gridline”.

Menambahkan Data Series dan Mengubah Jenis Grafik

Anda juga bisa menambahkan data series ke grafik dan mengubah jenis grafik seperti dari grafik garis menjadi grafik batang. Berikut adalah cara menambahkan data series dan mengubah jenis grafik:

  1. Menambahkan data series: Klik kanan pada grafik dan pilih “Select Data”. Klik tombol “Tambah” di bawah “Legend Entries (Series)” dan pilih rentang data yang ingin Anda tambahkan.
  2. Mengubah jenis grafik: Klik kanan pada grafik dan pilih “Change Chart Type”. Pilih jenis grafik yang diinginkan dari daftar.

Contoh Grafik Lanjutan

Dengan menambahkan elemen seperti judul, label, dan legenda, mengubah tampilan sumbu grafik, menambahkan data series, dan mengubah jenis grafik, Anda dapat membuat grafik yang lebih kaya dan informatif. Selamat mencoba!

Mengedit Grafik

Grafik adalah salah satu cara untuk mempresentasikan data secara visual. Namun, terkadang data yang dimasukkan ke dalam grafik perlu dirubah atau dimodifikasi agar lebih mudah dipahami oleh pembaca. Berikut adalah beberapa cara untuk mengedit grafik:

1. Mengubah data di dalam grafik

Jika data yang ada di dalam grafik perlu dirubah, Anda dapat mengubahnya dengan mengklik grafik dan memilih kolom atau bar yang ingin diubah. Kemudian, Anda dapat mengubah angka atau nilai yang terdapat pada bar atau kolom yang dipilih.

2. Memodifikasi tampilan grafik

Anda juga dapat memodifikasi tampilan grafik untuk memperjelas presentasi data. Beberapa modifikasi yang dapat dilakukan antara lain mengubah warna, mengubah jenis garis atau batang yang digunakan, dan menambahkan label atau judul pada grafik.

3. Menghapus dan menambahkan elemen grafik

Jika Anda ingin menghapus elemen yang tidak diperlukan pada grafik, Anda dapat mengklik elemen tersebut dan menekan tombol “delete”. Sedangkan jika Anda ingin menambahkan elemen baru, Anda dapat memilih opsi “Tambahkan Elemen Grafik” dan memilih elemen yang ingin ditambahkan.

Tutorial membuat grafik di Word

Dengan mengedit grafik, presentasi data yang disajikan menjadi lebih mudah dipahami dan menarik. Dengan demikian, pembaca menjadi lebih mudah mengerti informasi yang ingin disampaikan.

Menyisipkan Grafik dari Sumber Eksternal

Saat membuat dokumen di Microsoft Word, seringkali kita membutuhkan grafik sebagai ilustrasi atau penjelasan data. Ada tiga cara untuk menyisipkan grafik dalam dokumen, yaitu:

Menyisipkan Grafik dari Excel

1. Buka dokumen Word dan buka juga file Excel yang berisi grafik yang ingin disisipkan.

2. Pilih grafik yang ingin disisipkan dan salin (Ctrl + C).

3. Pada dokumen Word, pilih tempat dimana grafik akan disisipkan dan tempel (Ctrl + V).

4. Grafik dari Excel akan muncul di dokumen Word dan dapat disesuaikan ukurannya sesuai kebutuhan.

Menyisipkan Gambar sebagai Grafik

1. Buka dokumen Word dan pilih tempat dimana gambar akan disisipkan.

2. Klik Insert pada menu bar dan pilih Picture.

3. Pilih file gambar yang akan digunakan dan klik Insert.

4. Setelah gambar muncul di dokumen Word, klik kanan pada gambar dan pilih Format Picture.

5. Pada tab Layout, pilih “In line with text” dan klik OK.

6. Gambar akan menjadi grafik dan dapat disesuaikan ukurannya sesuai kebutuhan.

Menyisipkan Grafik dari Program Lain

1. Buka dokumen Word dan pilih tempat dimana grafik akan disisipkan.

2. Klik Insert pada menu bar dan pilih Object.

3. Pilih “Create from file” dan klik Browse.

4. Pilih file yang berisi grafik dan klik Insert.

5. Grafik akan muncul di dokumen Word dan dapat disesuaikan ukurannya sesuai kebutuhan.

Tutorial Menyisipkan Grafik dari Sumber Eksternal di Word

Menyimpan dan Membagikan Grafik

Grafik adalah salah satu cara yang efektif untuk menyajikan data atau informasi dalam bentuk visual. Dalam kegiatan sehari-hari, kita sering kali menggunakan grafik untuk memperjelas data atau informasi yang ingin disampaikan. Setelah membuat grafik, kita perlu mengetahui bagaimana cara menyimpan dan membagikan grafik tersebut.

Menyimpan grafik sebagai file gambar

Setelah selesai membuat grafik, kita bisa menyimpannya sebagai file gambar seperti JPEG, PNG, atau SVG. Caranya cukup mudah, yaitu dengan mengklik tombol “Save As” atau “Simpan Sebagai” pada software yang digunakan untuk membuat grafik. Kemudian pilih jenis file gambar yang diinginkan dan tentukan lokasi penyimpanan file tersebut.

tutorial membuat grafik di word

Menggunakan grafik dalam presentasi PowerPoint

Untuk menggunakannya dalam presentasi PowerPoint, kita bisa langsung menyalin grafik tersebut dari software pembuat grafik ke dalam slide presentasi atau dengan mengimpor file gambar grafik yang sudah disimpan sebelumnya. Pastikan ukuran grafik sesuai dengan ukuran slide presentasi dan disesuaikan dengan tema presentasi yang digunakan.

Menerapkan grafik dalam dokumen PDF

Untuk memasukkan grafik dalam dokumen PDF, kita dapat mengimpor file gambar grafik yang sudah disimpan sebelumnya atau menyalin grafik dari software pembuat grafik ke dalam dokumen PDF. Pastikan ukuran grafik sesuai dengan ukuran halaman dokumen PDF dan tentukan posisi grafik sesuai dengan kebutuhan.

Menampilkan data dalam bentuk grafik adalah salah satu cara yang efektif untuk membuat presentasi yang menarik dan mudah dipahami. Microsoft Word sendiri memiliki berbagai jenis template grafik yang bisa digunakan untuk membuat grafik dengan mudah. Berikut adalah beberapa tips dan trik untuk membuat grafik yang menarik dengan menggunakan Microsoft Word.

Menggunakan Template Grafik Bawaan Word

Microsoft Word memiliki berbagai jenis template grafik bawaan yang bisa digunakan untuk membuat grafik dengan mudah. Untuk mengakses template grafik, klik tab ‘Sisipkan’ di menu utama, kemudian klik tombol ‘Grafik’ pada bagian ‘Gambar’. Pilih jenis grafik yang Anda inginkan, dan pilih salah satu template grafik bawaan untuk dimodifikasi sesuai kebutuhan.

Mencari Inspirasi Grafik Online

Jika Anda ingin membuat grafik yang lebih menarik, Anda bisa mencari inspirasi grafik online. Ada banyak situs web yang menyediakan contoh-contoh grafik yang bisa Anda gunakan sebagai referensi. Beberapa situs web yang bisa Anda coba adalah Pinterest, Behance, dan Dribbble. Anda juga bisa mencari inspirasi melalui pencarian gambar di mesin pencari seperti Google.

Memilih Warna dan Font yang Tepat untuk Grafik

Memilih warna dan font yang tepat sangat penting dalam membuat grafik yang menarik. Pilihlah warna yang kontras agar grafik mudah dibaca, dan hindari penggunaan terlalu banyak warna yang membuat grafik terlihat terlalu ramai. Untuk font, pilihlah font yang mudah dibaca dan hindari penggunaan font yang terlalu dekoratif atau rumit.

Tips dan Trik tutorial membuat grafik di word

Dengan mengikuti tips dan trik di atas, Anda bisa membuat grafik yang menarik dan mudah dipahami dengan menggunakan Microsoft Word. Selamat mencoba!

Cara Membuat Grafik di Word dan Keuntungannya

Microsoft Word tidak hanya berguna untuk menulis teks, namun juga dapat digunakan untuk membuat grafik. Grafik bisa membantu kita menggambarkan data atau informasi dengan lebih jelas dan mudah dipahami. Berikut adalah ringkasan cara membuat grafik di Word:

  • Pilih jenis grafik yang ingin dibuat
  • Input data yang ingin digambarkan ke dalam tabel Excel yang muncul
  • Pilih data yang ingin dijadikan grafik di dalam tabel
  • Customize tampilan grafik seperti warna, label, dan legend

Keuntungan menggunakan grafik dalam dokumen Word adalah karena grafik dapat membantu audiens memahami data secara visual. Selain itu, grafik juga dapat membuat dokumen terlihat lebih profesional dan menarik.

Saran untuk Mengembangkan Keterampilan dalam Membuat Grafik

Untuk mengembangkan keterampilan dalam membuat grafik, berikut adalah beberapa saran:

  • Pelajari jenis-jenis grafik dan pilih grafik yang sesuai dengan data yang ingin digambarkan
  • Pelajari cara memilih warna dan font yang tepat agar grafik terlihat menarik dan mudah dibaca
  • Praktekkan membuat grafik dengan menggunakan data yang berbeda-beda agar terbiasa dengan berbagai macam data
  • Cari inspirasi dari contoh-contoh grafik yang sudah terdapat di dokumen Word atau di internet
  • Gunakan feedback dari audiens atau rekan kerja untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas grafik

Kesimpulan tutorial membuat grafik di word

Referensi Tutorial Membuat Grafik di Word

Microsoft Word merupakan salah satu program pengolah kata yang sering digunakan untuk membuat laporan, presentasi, dan dokumen lainnya. Selain itu, di dalam Microsoft Word juga terdapat fitur yang memungkinkan pengguna untuk membuat grafik. Namun, tidak semua orang bisa mengoperasikan fitur tersebut dengan baik. Berikut beberapa referensi yang dapat membantu Anda dalam membuat grafik di Word:

Sumber Daya Online

1. Tutorial Membuat Grafik di Word dari Microsoft

2. Video Tutorial Membuat grafik di Word

3. Cara Membuat Grafik di Excel dan Menyisipkannya ke Word

Buku dan Artikel Terkait

1. Buku “Microsoft Word 2019 Step by Step” oleh Joan Lambert dan Steve Lambert

2. Artikel ” tips for Creating Charts in Microsoft Word” oleh Joli Ballew di situs dummies.com

Referensi Lainnya

1. Template Grafik di Word dari Microsoft

2. Cara Membuat Grafik di Word dari Lifewire

Dengan referensi di atas, diharapkan Anda dapat membuat grafik di Word dengan lebih mudah dan efektif. Selamat mencoba!

Referensi Tutorial Membuat Grafik di Word