Cara Membuat Clutch Bag

Diposting pada 7 views

Pendahuluan

Clutch bag adalah bentuk tas yang kecil dan ramping, biasanya digenggam dengan satu tangan. Clutch bag digunakan untuk menyimpan barang-barang kecil seperti ponsel, dompet, dan kosmetik. Tas ini sering dipakai pada acara-acara resmi seperti pesta atau acara formal lainnya.

Membuat clutch bag sendiri bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan dan menghasilkan barang yang unik dan personal. Selain itu, membuat clutch bag juga dapat menghemat biaya dibandingkan membeli clutch bag baru di toko-toko. Anda dapat memilih desain dan bahan yang sesuai dengan keinginan dan gaya pribadi Anda.

Tutorial Membuat Clutch Bag

Persiapan dan Bahan untuk Membuat Clutch Bag

Clutch bag adalah tas kecil dan praktis yang bisa digunakan untuk berbagai acara. Jika Anda ingin membuat clutch bag sendiri, beberapa persiapan dan bahan yang perlu dipersiapkan, antara lain:

1. Alat dan Bahan yang Dibutuhkan

Berikut adalah alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat clutch bag:

Anda dapat membeli alat dan bahan tersebut di toko kain atau toko kerajinan terdekat. Pastikan Anda memilih bahan dan alat yang berkualitas agar hasil akhir clutch bag Anda lebih baik.

2. Membeli Bahan dan Alat

Sebelum membeli bahan dan alat, pastikan Anda sudah menentukan ukuran dan desain clutch bag yang ingin Anda buat. Setelah itu, Anda dapat membeli kain dan aksesoris yang sesuai dengan ukuran dan desain tersebut.

Perhatikan juga kualitas bahan yang Anda beli. Pilih kain yang berkualitas agar clutch bag yang Anda buat lebih awet dan tahan lama. Selain itu, pastikan bahwa resleting dan kancing magnet yang Anda beli juga berkualitas agar tidak mudah rusak.

3. Memilih Warna dan Desain yang Sesuai

Warna dan desain clutch bag adalah faktor penting yang perlu dipertimbangkan saat memilih bahan. Pilih warna dan desain yang sesuai dengan keperluan dan keinginan Anda. Jika Anda ingin membuat clutch bag untuk acara formal, pilih warna yang netral seperti hitam, putih, atau cokelat. Namun, jika Anda ingin membuat clutch bag untuk acara kasual, Anda bisa memilih warna dan desain yang lebih cerah dan berani.

Setelah Anda mempersiapkan semua bahan dan alat, Anda siap untuk membuat clutch bag sendiri. Ikuti instruksi dengan hati-hati dan pastikan Anda mengikuti semua langkah yang diperlukan. Dengan sedikit kesabaran dan keahlian dalam menjahit, Anda bisa membuat clutch bag yang unik dan menarik.

Tutorial Membuat Clutch Bag

Membuat Pola

tutorial membuat clutch bag

Membuat pola adalah salah satu langkah penting dalam membuat sebuah produk. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara membuat pola untuk clutch bag dan saku dalam clutch bag.

Mengukur Bahan

Langkah pertama dalam membuat pola adalah mengukur bahan yang akan digunakan. Pastikan untuk mengukur panjang dan lebar kain dengan seksama, serta mempertimbangkan ketebalan dari bahan yang digunakan.

Membuat Pola Clutch Bag

Untuk membuat pola clutch bag, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Gambarlah sebuah persegi panjang dengan panjang dan lebar yang diinginkan pada selembar kertas pola.
  2. Tambahkan 1 cm pada setiap sisi untuk jahitan.
  3. Gambarlah dua buah lingkaran kecil pada setiap pojok atas persegi panjang untuk membuat lubang penutup tas.
  4. Buat pola gagang tas dengan menggambar sebuah strip kain dengan lebar 5 cm dan panjang sesuai keinginan.
  5. Tambahkan 1 cm pada setiap sisi untuk jahitan.
  6. Tempatkan pola gagang tas pada bagian atas tas, kemudian jahit dengan benang yang kuat.

Membuat Pola Saku Dalam Clutch Bag

Untuk membuat pola saku dalam clutch bag, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Gambarlah sebuah persegi panjang dengan panjang dan lebar yang diinginkan pada selembar kertas pola.
  2. Tambahkan 1 cm pada setiap sisi untuk jahitan.
  3. Gambarlah dua buah lingkaran kecil pada setiap pojok tas untuk membuat lubang penutup saku.
  4. Tempatkan pola saku dalam clutch bag pada bagian dalam tas, kemudian jahit dengan benang yang kuat.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat membuat pola clutch bag dan saku dalam clutch bag dengan mudah. Pastikan Anda mengukur bahan dengan seksama dan mempertimbangkan ketebalan dari bahan yang digunakan untuk hasil yang optimal. Selamat mencoba!

Memotong Bahan untuk Membuat Clutch Bag

Tutorial memotong bahan untuk membuat clutch bag

Untuk membuat clutch bag, pertama-tama kita harus menyiapkan bahan yang akan digunakan. Pilih kain yang sesuai dengan desain dan warna yang diinginkan. Pastikan kain dalam keadaan bersih dan rapi sebelum dipotong.

Setelah memilih kain yang akan digunakan, langkah selanjutnya adalah memotong pola pada kain. Pola adalah gambar atau ukuran yang digunakan sebagai panduan dalam memotong kain sesuai dengan bentuk dan ukuran yang diinginkan. Pastikan pola yang digunakan telah disesuaikan dengan desain clutch bag yang akan dibuat.

Setelah memiliki pola, langkah selanjutnya adalah memotong kain. Pastikan kain telah dilipat menjadi dua dengan sisi kanan berhadapan, kemudian letakkan pola pada kain. Gunakan alat potong yang tajam dan sesuai untuk memotong kain dengan hati-hati, mengikuti garis pola yang telah ditandai. Jangan lupa untuk membiarkan sedikit ruang untuk jahitan tepi kain.

Untuk membuat saku dalam clutch bag, potong kain sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Biasanya saku dalam berukuran lebih kecil dari bagian utama clutch bag. Setelah dipotong, jahit saku dalam pada bagian dalam clutch bag sesuai dengan desain yang diinginkan.

Dengan memotong bahan dengan hati-hati dan tepat, kita dapat memastikan hasil akhir clutch bag yang rapi dan sesuai dengan desain yang diinginkan.

Menjahit Bagian Luar

Tutorial menjahit bagian luar clutch bag

Menjahit bagian luar pada tas atau clutch bag merupakan tahap penting dalam pembuatan tas. Berikut ini adalah langkah-langkah dalam menjahit bagian luar:

1. Menjahit bagian depan dan belakang

Pertama-tama, kamu perlu menjahit bagian depan dan belakang tas. Letakkan kain depan dan belakang tas menghadap ke dalam dan jahit sisi kiri dan kanan bagian atasnya dengan jahitan lurus. Kemudian, lipat setiap sisi bagian atasnya sejajar dengan jahitan yang telah kamu buat. Jahitlah di sepanjang bagian bawahnya dengan jahitan lurus.

2. Menjahit bagian samping dan bawah

Setelah itu, kamu perlu menjahit bagian samping dan bawah tas. Letakkan kain samping dan bawah tas menghadap ke dalam dan lipat setiap sisi bagian atasnya sejajar dengan jahitan yang telah kamu buat pada langkah sebelumnya. Jahitlah sisi-sisinya dengan jahitan lurus.

3. Menjahit kancing magnetik

Jika kamu ingin menambahkan kancing magnetik pada clutch bag, kamu perlu melakukan langkah ini. Letakkan kancing magnetik di bagian dalam kain depan clutch bag. Pastikan posisi kancing magnetik saling berhadapan dan jahitlah kancing magnetik pada kain depan. Setelah itu, letakkan kain belakang clutch bag pada kain depan dan jahitlah bagian atasnya dengan jahitan lurus.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu dapat menjahit bagian luar pada tas atau clutch bag dengan mudah. Selamat mencoba!

Menjahit Saku Dalam dan Menjahit Saku ke Bagian Dalam Clutch Bag

Tutorial menjahit saku dalam di dalam clutch bag

Menjahit saku dalam pada pakaian atau tas memang sangat berguna. Selain untuk mempermudah dalam menyimpan barang-barang kecil, saku dalam juga memberikan kesan lebih rapi dan teratur pada pakaian atau tas. Berikut adalah panduan menjahit saku dalam dan menjahit saku ke bagian dalam clutch bag.

Menjahit Saku Dalam

Untuk membuat saku dalam pada pakaian, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Pertama, tentukan ukuran saku yang diinginkan dan buatlah pola saku tersebut pada kertas.
  2. Setelah itu, gunakan pola saku tersebut untuk memotong kain sesuai dengan ukuran yang diinginkan.
  3. Lipat tepi kain saku dan jahit menggunakan mesin jahit atau jahit tangan.
  4. Tempelkan kain saku pada tempat yang diinginkan pada pakaian dan jahit tepi saku pada pakaian menggunakan mesin jahit atau jahit tangan.

Menjahit Saku ke Bagian Dalam Clutch Bag

Untuk membuat saku ke bagian dalam clutch bag, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Pertama, tentukan ukuran saku yang diinginkan dan buatlah pola saku tersebut pada kertas.
  2. Setelah itu, gunakan pola saku tersebut untuk memotong kain sesuai dengan ukuran yang diinginkan.
  3. Lipat tepi kain saku dan jahit menggunakan mesin jahit atau jahit tangan.
  4. Jahit saku pada bagian dalam clutch bag menggunakan mesin jahit atau jahit tangan. Pastikan saku terpasang dengan rapi.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah membuat saku dalam pada pakaian atau saku ke bagian dalam clutch bag. Selamat mencoba!

Membuat Tali Gantung untuk Clutch Bag

Tutorial Membuat Clutch Bag

Clutch bag adalah tas kecil yang sangat populer di kalangan wanita. Namun, tas clutch biasanya tidak dilengkapi dengan tali gantung, sehingga sulit untuk membawanya dengan nyaman. Oleh karena itu, dalam artikel ini kita akan belajar cara membuat tali gantung untuk clutch bag yang simpel dan mudah untuk diikuti.

Mengukur dan Memotong Bahan Tali

Langkah pertama dalam membuat tali gantung adalah mengukur dan memotong bahan tali. Pilih bahan tali yang sesuai dengan warna dan kekuatan yang Anda butuhkan. Panjang tali harus diukur terlebih dahulu sesuai dengan panjang yang diinginkan untuk tali gantung. Kemudian, gunakan pisau atau gunting yang tajam untuk memotong tali dengan presisi yang baik.

Menjahit Tali ke Clutch Bag

Setelah bahan tali dipotong, langkah selanjutnya adalah menjahit tali ke clutch bag. Pertama-tama, cari titik potong atau lobang pada clutch bag yang akan Anda gunakan sebagai tempat tali gantung. Setelah itu, lubangi tali dengan jarum dan benang, dan jahit tali ke clutch bag pada titik potong tersebut dengan benang yang kuat. Pastikan Anda menjahit dengan baik, agar tali gantung dapat menahan beban clutch bag dengan aman dan nyaman.

Dengan mengikuti dua langkah sederhana ini, Anda dapat membuat tali gantung untuk clutch bag yang mudah dan simpel. Selamat mencoba!

Menyelesaikan Clutch Bag

Tutorial membuat Clutch Bag

Clutch bag adalah tas kecil dan ramping yang biasanya digunakan untuk acara formal atau semi-formal. Bagian dalam dan luar clutch bag harus selesai dengan rapi agar terlihat cantik dan elegan. Berikut adalah langkah-langkah untuk menyelesaikan clutch bag:

Menyelesaikan Bagian Dalam

Pertama-tama, pastikan bahwa semua kain dan bahan yang akan digunakan telah disiapkan. Berikut beberapa langkah untuk menyelesaikan bagian dalam clutch bag:

  • Potong kain sesuai ukuran yang diinginkan dan jahit sisi-sisi kain dengan benang yang sesuai.
  • Letakkan kain yang telah dijahit dengan posisi terbalik, dan jahit bagian bawah dan sisi kain dengan benang yang sesuai.
  • Potong bagian sudut-sudut kain untuk memastikan hasil jahitan rapi.
  • Balik kain sehingga sisi kanan kain terlihat dan jahit sisi kanan dan kiri menggunakan benang yang sesuai.
  • Buat lubang kecil pada bagian bawah untuk memudahkan saat membalik bagian dalam.

Menyelesaikan Bagian Luar

Setelah bagian dalam selesai, langkah selanjutnya adalah menyelesaikan bagian luar clutch bag. Berikut beberapa langkah yang perlu dilakukan:

  • Potong kain sesuai ukuran yang diinginkan dan jahit sisi-sisi kain dengan benang yang sesuai.
  • Jahit kain hias pada bagian yang diinginkan untuk memberikan aksen pada clutch bag.
  • Letakkan kain yang telah dijahit dengan posisi terbalik, dan jahit bagian bawah dan sisi kain dengan benang yang sesuai.
  • Potong bagian sudut-sudut kain untuk memastikan hasil jahitan rapi.
  • Balik kain sehingga sisi kanan kain terlihat dan jahit sisi kanan dan kiri menggunakan benang yang sesuai.

Menambahkan Aksesoris Seperti Hiasan

Untuk membuat clutch bag menjadi lebih menarik, aksesoris seperti hiasan bisa ditambahkan pada bagian luar clutch bag. Berikut beberapa langkah yang perlu dilakukan:

  • Pilih hiasan yang ingin ditambahkan ke clutch bag.
  • Jahit hiasan pada bagian luar clutch bag menggunakan benang yang sesuai.

Melakukan Finishing

Selanjutnya, lakukan finishing pada clutch bag untuk membuatnya terlihat lebih profesional dan tahan lama. Berikut beberapa langkah yang perlu dilakukan:

  • Jahit bagian dalam dan luar clutch bag secara hati-hati agar hasilnya rapi.
  • Potong benang yang berlebihan dan gunakan alat untuk merapikan ujung benang.
  • Bersihkan bagian clutch bag dari serat-serat kain yang menempel.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, clutch bag Anda akan terlihat cantik dan elegan sehingga cocok digunakan untuk acara formal atau semi-formal.

Tips dan Trik Tutorial Membuat Clutch Bag

Membuat clutch bag bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan dan menghasilkan sesuatu yang berguna. Namun, agar hasilnya memuaskan, ada beberapa tips dan trik yang bisa kamu terapkan. Berikut ini adalah beberapa tips dan trik yang dapat membantumu membuat clutch bag dengan lebih mudah dan efisien.

1. Memilih Bahan yang Tepat

Bahan yang digunakan untuk membuat clutch bag dapat mempengaruhi hasil akhir dari produk yang kamu buat. Pilihlah bahan yang kuat dan tahan lama seperti kulit, denim atau kanvas yang tebal. Sebaiknya hindari bahan yang terlalu tipis atau rapuh karena dapat mengurangi kekuatan clutch bag.

2. Menghemat Waktu saat Membuat Clutch Bag

Jika kamu ingin menghemat waktu saat membuat clutch bag, pertama-tama, buat pola terlebih dahulu. Dengan begitu, kamu tidak perlu menggambar pola secara manual pada bahan, dan dapat langsung memotong bahan sesuai pola yang telah dibuat. Selain itu, pastikan juga bahwa kamu memiliki peralatan yang lengkap seperti gunting kain, jarum, benang, dan mesin jahit untuk mempermudah proses pembuatan clutch bag.

3. Mendapatkan Hasil yang Lebih Baik

Untuk mendapatkan hasil clutch bag yang lebih baik, pastikan bahwa kamu melakukan pengukuran dengan teliti dan cermat. Jangan ragu juga untuk mencoba teknik dan metode baru, seperti menambah aksesoris atau mengganti model jahitan pada clutch bagmu. Selain itu, kamu juga bisa mencari inspirasi dan ide desain melalui internet atau media sosial seperti Pinterest atau Instagram.

Tips dan Trik Tutorial Membuat Clutch Bag

Dengan menerapkan tips dan trik di atas, kamu dapat membuat clutch bag yang lebih mudah, efisien, dan berkualitas. Jangan lupa juga untuk mencoba teknik dan model baru untuk mendapatkan hasil yang lebih unik dan menarik. Selamat mencoba!

Clutch bag merupakan tas kecil yang biasanya digunakan untuk acara formal atau casual. Bagi yang suka membuat kerajinan tangan, membuat clutch bag bisa menjadi pilihan yang menarik. Nah, bagi yang ingin mencoba membuat clutch bag, berikut adalah kesimpulan dari tutorial membuat clutch bag.

Setelah mengikuti tutorial membuat clutch bag yang ada di https://tse1.mm.bing.net/th?q=Kesimpulan tutorial membuat clutch bag, kita bisa menyelesaikan pembuatan clutch bag dengan mudah. Dalam tutorial tersebut, dijelaskan langkah-langkah membuat clutch bag dari awal hingga menjadi sebuah tas yang siap digunakan.

Clutch bag yang dihasilkan dari tutorial tersebut terlihat sangat cantik dan elegan. Dengan bahan yang digunakan, clutch bag ini terlihat mewah dan cocok digunakan untuk acara formal seperti pesta pernikahan atau ulang tahun. Clutch bag ini juga bisa digunakan sebagai hadiah yang istimewa bagi teman atau saudara.

Membuat clutch bag memang membutuhkan kesabaran dan ketelitian. Namun, hasil akhir yang didapat dari tutorial ini sangat memuaskan. Selain itu, kita juga bisa menyesuaikan warna dan desain clutch bag sesuai dengan keinginan kita sendiri.

Kesan akhir dari tutorial membuat clutch bag ini adalah bahwa pembuatan clutch bag bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan dan mendatangkan kepuasan tersendiri. Selain itu, clutch bag yang dihasilkan bisa digunakan sendiri atau dijadikan sebagai hadiah yang istimewa.