Cara Membuat Banner Youtube untuk Pemula

Diposting pada 6 views

Pendahuluan

YouTube merupakan salah satu platform video terbesar di dunia, dengan lebih dari 2 miliar pengguna aktif setiap bulannya. Jika Anda memiliki saluran YouTube, maka Anda harus memastikan bahwa saluran tersebut menarik bagi penonton Anda. Salah satu cara untuk meningkatkan daya tarik saluran Anda adalah dengan mengubah banner YouTube Anda.

Apa itu banner YouTube? Banner YouTube adalah gambar besar di atas saluran YouTube Anda yang menunjukkan merek Anda. Ini adalah kesempatan besar bagi merek Anda untuk menampilkan pesan dan merek Anda kepada penonton. Banner YouTube juga dapat membantu menarik perhatian penonton dan membuat mereka ingin mengetahui lebih lanjut tentang saluran Anda.

Mengapa penting untuk memiliki banner YouTube yang menarik? Banner YouTube yang menarik dapat membantu menarik perhatian penonton dan membuat mereka ingin mengetahui lebih lanjut tentang saluran Anda. Ini juga dapat membantu merek Anda terlihat lebih profesional dan dapat meningkatkan kesan positif yang diberikan merek Anda kepada penonton.

Jadi, tidak mengherankan bahwa banyak merek memilih untuk mengubah banner YouTube mereka secara teratur untuk memastikan bahwa merek mereka selalu terlihat segar dan menarik bagi penonton mereka. Jika Anda belum mengubah banner YouTube Anda, maka sekaranglah saat yang tepat untuk melakukannya.

Tutorial Membuat Banner YouTube

Persiapan untuk Membuat Banner yang Efektif

Apakah Anda ingin membuat banner untuk promosi produk atau acara Anda? Persiapan adalah kunci untuk membuat banner yang efektif. Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda lakukan sebelum mulai membuat banner:

Mencari ide dan konsep banner

Sebelum membuat banner, Anda perlu memiliki ide dan konsep yang jelas tentang apa yang ingin Anda sampaikan melalui banner tersebut. Apakah Anda ingin menampilkan produk Anda atau memberikan informasi tentang acara yang akan datang? Pertimbangkan juga gaya dan warna yang akan Anda gunakan untuk menarik perhatian pengunjung.

Menentukan ukuran banner yang sesuai

Penting untuk menentukan ukuran banner yang sesuai agar mudah terlihat oleh pengunjung. Ukuran banner yang umum digunakan adalah 728 x 90 piksel untuk banner horizontal dan 300 x 250 piksel untuk banner persegi. Namun, pastikan untuk menyesuaikan ukuran banner dengan tempat di mana Anda akan menempatkannya.

Mengumpulkan gambar atau elemen yang diperlukan

Anda memerlukan gambar atau elemen lainnya untuk membuat banner yang menarik. Sesuaikan gambar atau elemen tersebut dengan konsep banner yang sudah Anda tentukan. Jangan lupa untuk memilih gambar dengan kualitas yang baik agar banner Anda terlihat profesional.

Dengan melakukan persiapan yang matang, Anda dapat membuat banner yang efektif dan menarik perhatian pengunjung. Selamat mencoba!

Tutorial Membuat Banner di YouTube

Read more:

Membuat Banner Menggunakan Canva

Canva adalah sebuah platform desain grafis online yang memungkinkan pengguna untuk membuat berbagai macam desain, termasuk banner. Dalam artikel ini, kita akan membahas langkah-langkah untuk membuat banner menggunakan Canva.

1. Membuat Akun Canva

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat akun Canva. Kunjungi situs Canva.com dan pilih opsi “Daftar”. Anda dapat menggunakan akun Google, Facebook, atau email untuk mendaftar.

2. Menggunakan Fitur Template atau Membuat Banner dari Awal

Setelah mendaftar, Anda dapat memilih opsi untuk membuat banner dari template atau membuat banner dari awal. Canva memiliki banyak template banner yang dapat Anda pilih dan ubah sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda memilih untuk membuat banner dari awal, pilih ukuran dan orientasi yang sesuai.

3. Menambahkan Gambar atau Elemen ke dalam Banner

Setelah memilih template atau membuat banner dari awal, Anda dapat menambahkan gambar atau elemen ke dalam banner. Canva menyediakan banyak gambar dan elemen yang dapat digunakan secara gratis maupun berbayar. Anda juga dapat mengunggah gambar sendiri untuk digunakan pada banner.

4. Menambahkan Teks ke dalam Banner

Selain gambar atau elemen, Anda juga dapat menambahkan teks ke dalam banner. Pilih opsi “Tambahkan teks” pada menu samping dan masukkan teks yang diinginkan. Anda dapat mengatur warna, jenis huruf, ukuran, dan posisi teks sesuai dengan kebutuhan Anda.

5. Mengatur Warna dan Jenis Huruf pada Teks

Canva menyediakan berbagai macam warna dan jenis huruf yang dapat digunakan untuk mengatur tampilan teks pada banner. Pilih teks yang ingin diubah dan pilih opsi “Ubah warna” atau “Ubah jenis huruf” pada menu samping.

6. Menyimpan dan Mengunduh Banner

Setelah selesai membuat banner, pilih opsi “Simpan” untuk menyimpan desain Anda pada akun Canva. Anda juga dapat mengunduh banner dalam berbagai format seperti PNG atau JPG dengan memilih opsi “Unduh” pada menu samping.

Demikianlah langkah-langkah untuk membuat banner menggunakan Canva. Dengan Canva, Anda dapat membuat banner dengan mudah dan cepat tanpa perlu memiliki keahlian desain grafis yang tinggi.

Tutorial membuat banner menggunakan Canva

Sumber gambar: https://tse1.mm.bing.net/th?q=Membuat Banner Menggunakan Canva tutorial membuat banner youtube

Membuat Banner Menggunakan Adobe Photoshop

Adobe Photoshop adalah salah satu software yang paling sering digunakan untuk mendesain berbagai macam karya grafis, termasuk membuat banner. Bagi Anda yang ingin membuat banner menggunakan Adobe Photoshop, berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Membuka Adobe Photoshop

Pertama-tama, buka Adobe Photoshop di komputer Anda. Pastikan software tersebut sudah terpasang di perangkat yang digunakan.

2. Membuat dokumen baru dengan ukuran yang sesuai

Setelah Adobe Photoshop terbuka, buat dokumen baru dengan ukuran yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda bisa memilih ukuran kanvas yang sudah tersedia di menu “Presets” atau mengatur ukuran sendiri di bagian “Width” dan “Height”.

3. Menggunakan fitur shape atau membuat gambar dari awal

Setelah dokumen baru dibuat, mulailah mendesain banner Anda menggunakan fitur shape atau membuat gambar dari awal. Anda bisa menggunakan berbagai tools seperti “Rectangle Tool”, “Ellipse Tool”, “Pen Tool”, dan lain sebagainya untuk membuat bentuk-bentuk yang diinginkan.

4. Menambahkan teks ke dalam banner

Setelah itu, tambahkan teks ke dalam banner dengan menggunakan “Type Tool”. Anda dapat mengetikkan teks sesuai dengan kebutuhan, dan mengatur warna dan jenis huruf melalui panel “Character” yang tersedia di menu.

5. Mengatur warna dan jenis huruf pada teks

Pastikan warna dan jenis huruf yang digunakan pada teks sesuai dengan tema banner yang ingin dibuat. Anda dapat memilih warna dari palet yang tersedia atau menggunakan kode warna sendiri.

6. Menyimpan dan mengunduh banner

Jika desain banner sudah selesai, simpan file dengan format “JPEG” atau “PNG”, kemudian unduh dan gunakan sesuai kebutuhan.

Itulah langkah-langkah cara membuat banner menggunakan Adobe Photoshop. Dengan mengikuti tutorial ini, diharapkan Anda dapat membuat banner yang menarik dan sesuai dengan kebutuhan.

Membuat Banner Menggunakan CorelDRAW

CorelDRAW adalah salah satu software desain grafis yang sering digunakan untuk membuat berbagai macam desain, salah satunya adalah banner. Membuat banner menggunakan CorelDRAW cukup mudah dan praktis. Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat banner menggunakan CorelDRAW.

1. Membuka CorelDRAW

Pertama-tama, buka software CorelDRAW yang telah terpasang pada komputer Anda.

2. Membuat dokumen baru dengan ukuran yang sesuai

Setelah membuka CorelDRAW, buat dokumen baru dengan ukuran yang sesuai dengan kebutuhan banner yang ingin dibuat. Untuk membuat dokumen baru, klik File > New atau tekan Ctrl + N pada keyboard.

3. Menggunakan fitur shape atau membuat gambar dari awal

Selanjutnya, gunakan fitur shape pada CorelDRAW untuk membuat gambar atau banner dari awal. Anda juga dapat mengimpor gambar atau logo yang ingin ditambahkan pada banner.

4. Menambahkan teks ke dalam banner

Setelah menyelesaikan gambar atau bentuk pada banner, selanjutnya tambahkan teks untuk melengkapi banner. Gunakan fitur teks pada CorelDRAW untuk menambahkan teks pada banner.

5. Mengatur warna dan jenis huruf pada teks

Selanjutnya, atur warna dan jenis huruf pada teks agar sesuai dengan tema dan desain banner yang ingin dibuat. Gunakan fitur font pada CorelDRAW untuk mengubah jenis huruf pada teks.

6. Menyimpan dan mengunduh banner

Setelah banner selesai dibuat, langkah terakhir adalah menyimpan dan mengunduh banner. Klik File > Save atau tekan Ctrl + S pada keyboard untuk menyimpan banner. Anda juga dapat mengunduh banner dalam format yang diinginkan seperti JPEG, PNG, atau PDF dengan memilih File > Export atau tekan Ctrl + E pada keyboard.

Itulah langkah-langkah untuk membuat banner menggunakan CorelDRAW. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat membuat banner dengan mudah dan praktis menggunakan CorelDRAW.

Menambahkan Banner ke Channel YouTube

Channel YouTube adalah platform yang sangat populer untuk mengupload video-video yang kalian buat atau video-video yang ingin kalian bagikan dengan dunia. Agar channel kalian terlihat lebih profesional, kalian dapat menambahkan banner kustom ke dalam channel YouTube kalian. Berikut adalah langkah-langkah untuk menambahkan banner ke dalam channel YouTube:

Membuka Channel YouTube

Pertama-tama, buka channel YouTube kalian di web browser kalian. Pastikan kalian sudah login ke akun YouTube kalian.

Mengubah Tampilan Channel Agar Menampilkan Banner

Jika kalian ingin menambahkan banner ke channel YouTube kalian, pastikan tampilan channel kalian sudah diatur agar menampilkan banner. Untuk melakukannya, klik ikon kamera di sudut kanan atas channel kalian, lalu pilih “Edit Channel Art”.

Mengunggah Banner ke dalam Channel

Setelah kalian mengklik “Edit Channel Art”, akan muncul jendela baru yang memungkinkan kalian untuk mengunggah banner ke dalam channel. Klik “Select a photo from your computer” untuk memilih file banner yang ingin kalian unggah. Pastikan file banner kalian memiliki ukuran minimal 2048 x 1152 piksel agar terlihat jelas dan tajam.

Mengatur Ukuran dan Posisi Banner

Setelah kalian mengunggah banner ke dalam channel, kalian dapat menyesuaikan ukuran dan posisinya dengan menggunakan fitur “Adjust the crop”. Kalian juga dapat menambahkan link ke dalam banner yang akan mengarahkan orang ke laman website kalian atau akun media sosial kalian. Setelah selesai, klik “Select” untuk menyimpan perubahan kalian.

Dengan menambahkan banner ke dalam channel YouTube kalian, kalian dapat membuat channel kalian terlihat lebih profesional dan menarik. Pastikan banner kalian sesuai dengan tema channel kalian dan memiliki kualitas gambar yang baik agar terlihat lebih menarik.

Tutorial membuat banner YouTube

Membuat banner yang menarik dan berkualitas tinggi adalah salah satu langkah penting untuk memperoleh branding yang baik untuk produk atau layanan yang Anda tawarkan. Berikut adalah beberapa tips dan trik untuk membuat banner yang menarik:

Menggunakan gambar atau elemen yang berkualitas tinggi

Gunakan gambar atau elemen lain seperti ikon atau grafik yang berkualitas tinggi. Pastikan gambar atau elemen tersebut tidak pecah atau blur ketika diperkecil atau diperbesar, sehingga banner Anda terlihat profesional dan menarik.

Menggunakan kontras warna yang baik

Gunakan warna yang kontras untuk membuat banner yang menarik. Warna yang kontras akan membuat banner Anda terlihat lebih menonjol dan mudah dilihat oleh orang. Namun, pastikan Anda tidak menggunakan terlalu banyak warna atau warna yang terlalu cerah sehingga banner Anda terlihat berantakan.

Menyimpan banner dengan format yang benar

Selalu simpan banner Anda dengan format yang benar seperti .jpg, .png, atau .gif. Pastikan ukuran banner tidak terlalu besar agar banner dapat dimuat dengan cepat pada situs web atau media sosial.

Membuat beberapa desain banner untuk variasi

Buat beberapa desain banner dengan variasi yang berbeda untuk menghindari kebosanan atau monotoni. Anda juga bisa menggunakan template banner sebagai awal dan menambahkan elemen atau gambar sesuai keinginan Anda.

Tips dan Trik tutorial membuat banner youtube

Membuat Banner YouTube yang Menarik

YouTube merupakan platform video online yang sangat populer di seluruh dunia. Jumlah pengguna aktifnya terus meningkat dan menjadikan YouTube sebagai salah satu sarana pemasaran yang efektif. Untuk memaksimalkan potensi dari channel YouTube, membuat banner yang menarik sangat penting untuk dilakukan.

Cara Membuat Banner YouTube

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk membuat banner YouTube yang menarik. Beberapa aplikasi desain grafis seperti Canva, Adobe Photoshop, atau CorelDRAW dapat digunakan untuk membuat banner yang profesional dan kreatif.

Langkah-langkah untuk membuat banner adalah:

  1. Masuk ke akun YouTube dan pilih “Edit Channel Art”.
  2. Pilih “Upload Photo” untuk mengunggah foto atau gambar yang ingin digunakan.
  3. Atur tata letak dan ukuran foto agar sesuai dengan tampilan banner yang diinginkan.
  4. Setelah selesai, klik “Select” dan “Publish”.

Keuntungan Membuat Banner YouTube yang Menarik

Membuat banner YouTube yang menarik sangat membantu dalam meningkatkan jumlah pengunjung channel. Banner yang menarik akan menarik perhatian pengunjung dan membuat mereka tertarik untuk menjelajahi konten yang ada di dalam channel tersebut.

Dengan meningkatnya jumlah pengunjung, maka peluang mendapatkan subscriber baru dan penghasilan dari iklan di YouTube juga akan semakin besar.

Jika Anda ingin meningkatkan jumlah pengunjung channel YouTube Anda, maka membuat banner yang menarik adalah langkah yang harus dilakukan. Dengan begitu, Anda dapat memaksimalkan potensi dari channel YouTube Anda.

Tutorial Membuat Banner YouTube

Referensi untuk Membuat Channel dan Banner Youtube

Jika Anda ingin membuat channel di Youtube, atau ingin membuat banner untuk channel Youtube Anda, ada beberapa referensi yang bisa Anda gunakan untuk memudahkan proses pembuatan. Berikut adalah beberapa referensi yang bisa Anda coba:

1. Youtube Creator Academy

Youtube Creator Academy adalah platform pembelajaran online resmi dari Youtube yang menyediakan berbagai macam tutorial dan tips untuk membantu para kreator dalam mengembangkan channel mereka. Di sini Anda bisa belajar tentang bagaimana cara membuat dan mengelola channel Youtube, serta strategi untuk meningkatkan jumlah pelanggan dan penonton.

Link: https://www.youtube.com/intl/id/creators/learn-and-grow/create-and-manage-channel

2. Canva

Canva adalah platform desain grafis yang sangat populer karena kemudahan penggunaannya. Di sini Anda bisa menemukan berbagai macam template banner Youtube yang siap digunakan, atau Anda bisa membuat banner dari awal menggunakan fitur desain yang disediakan. Canva juga menyediakan berbagai macam elemen grafis seperti ikon, gambar, dan font untuk mempercantik banner Anda.

Link: https://www.canva.com/

3. Adobe Photoshop

Adobe Photoshop adalah software desain grafis yang sangat populer dan digunakan oleh para profesional. Di sini Anda bisa membuat banner Youtube dengan kualitas yang sangat baik, karena Adobe Photoshop menyediakan berbagai macam fitur dan alat untuk mendesain banner. Namun, software ini memerlukan biaya langganan bulanan atau tahunan.

Link: https://www.adobe.com/products/photoshop.html

4. CorelDRAW

CorelDRAW adalah software desain grafis yang juga sangat populer dan memiliki fitur yang cukup lengkap untuk membuat banner Youtube. CorelDRAW juga memungkinkan pengguna untuk membuat berbagai macam desain grafis, seperti logo, brosur, dan lain sebagainya. Namun, seperti Adobe Photoshop, CorelDRAW juga memerlukan biaya langganan.

Link: https://www.coreldraw.com/id/product/coreldraw/

Untuk tutorial lengkap tentang cara membuat banner Youtube, Anda bisa melihat referensi berikut ini:

Referensi tutorial membuat banner youtube