Cara Membuat Cardigan dari Baju Bekas

Diposting pada 10 views

Pendahuluan: Tutorial Cara Membuat Cardigan dari Baju Bekas

Jika kamu ingin mencoba sesuatu yang baru dan kreatif, mengubah baju bekas menjadi cardigan bisa menjadi pilihan yang menarik. Selain membuatmu terlihat unik, kamu juga bisa berkontribusi dalam mengurangi limbah baju bekas yang menumpuk di lingkungan sekitar. Berikut adalah tutorial cara membuat cardigan dari baju bekas:

Alat yang dibutuhkan:

  • 1 potong baju bekas yang cukup besar untuk diubah menjadi cardigan
  • Benang dan jarum jahit
  • Gunting kain
  • Pita pengukur

Bahan yang dibutuhkan:

  • Kancing atau klip untuk menutup cardigan

Setelah kamu menyiapkan semua alat dan bahan yang dibutuhkan, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut untuk membuat cardigan dari baju bekas:

  1. Persiapkan baju bekas yang akan diubah menjadi cardigan. Pastikan ukurannya cukup besar dan panjang sehingga bisa menutupi seluruh bagian tubuhmu.
  2. Potong baju bekas tersebut sesuai dengan desain yang diinginkan. Kamu bisa membuat cardigan dengan model yang sederhana atau dengan tambahan aksen seperti kancing.
  3. Jahit bagian-bagian yang sudah dipotong menggunakan benang dan jarum jahit. Pastikan jahitan rapi agar cardigan terlihat lebih bagus.
  4. Tambahkan kancing atau klip pada bagian depan cardigan agar bisa menutupnya dengan mudah.

Read more:

Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, kamu sudah bisa membuat cardigan dari baju bekas dengan mudah dan kreatif. Selamat mencoba!

Tutorial cara membuat cardigan dari baju bekas

Persiapan Bahan dalam Membuat Pakaian dari Bahan Bekas

Tutorial Cara Membuat Cardigan dari Baju Bekas

Sebelum membuat pakaian dari bahan bekas, terdapat beberapa persiapan bahan yang perlu dilakukan untuk memastikan hasil yang baik. Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipersiapkan:

Pemilihan Baju Bekas yang Tepat

Pertama-tama, pastikan bahwa baju bekas yang dipilih masih dalam kondisi yang baik dan layak pakai. Pilih baju yang tidak memiliki lubang atau koyak, serta tidak memiliki noda yang sulit dihilangkan. Selain itu, pilih juga baju yang memiliki ukuran yang sesuai dengan kebutuhan.

Memotong Bahan Sesuai Ukuran yang Diinginkan

Selanjutnya, setelah baju bekas dipilih, lakukanlah pengukuran dan penandaan pada baju tersebut sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Kemudian, potong baju bekas tersebut menggunakan gunting yang tajam dan presisi sesuai dengan penandaan yang telah dilakukan.

Menyediakan Alat dan Bahan Pendukung Lainnya

Terakhir, pastikan bahwa alat dan bahan pendukung lainnya seperti benang jahit, jarum jahit, kancing, resleting, dan lain-lain telah disediakan. Periksa juga ketersediaan mesin jahit dan pastikan bahwa mesin tersebut dalam kondisi baik sebelum digunakan.

Dengan melakukan persiapan bahan yang tepat, maka proses pembuatan pakaian dari bahan bekas dapat dilakukan dengan lebih mudah dan hasil yang diinginkan pun dapat tercapai.

Pembuatan Bagian Depan Cardigan

Tutorial cara membuat cardigan dari baju bekas

Cardigan adalah salah satu jenis pakaian yang cukup populer saat ini. Selain bisa memberikan tampilan yang stylish, cardigan juga bisa memberikan kenyamanan saat dipakai. Jika Anda tertarik untuk membuat cardigan sendiri, berikut adalah tahapan dalam pembuatan bagian depan cardigan:

Membuat Kerah Cardigan

Tahap pertama dalam membuat bagian depan cardigan adalah membuat kerah cardigan. Ukur leher Anda dan tambahkan beberapa sentimeter untuk membuat pola kerah. Gunakan kain yang Anda pilih untuk bagian depan cardigan sebagai pola untuk membuat kerah. Lipat kain menjadi dua dan gunakan spidol untuk menandai garis tengah dan bentuk kerah yang diinginkan. Kemudian, gunakan gunting untuk memotong kain sesuai dengan bentuk yang sudah Anda tandai.

Membuat Bagian Depan Kanan Cardigan

Tahap berikutnya adalah membuat bagian depan kanan cardigan. Gunakan kain yang sudah dipilih untuk bagian depan kanan cardigan dan gunakan pola bagian depan cardigan sebagai acuan untuk membuat pola bagian depan kanan. Gunakan spidol untuk menandai garis tengah dan bagian-bagian yang akan dijahit. Kemudian, gunakan gunting untuk memotong kain sesuai dengan pola yang sudah Anda buat.

Membuat Bagian Depan Kiri Cardigan

Setelah membuat bagian depan kanan, selanjutnya adalah membuat bagian depan kiri cardigan. Caranya hampir sama dengan membuat bagian depan kanan. Gunakan kain yang sudah dipilih untuk bagian depan kiri cardigan dan gunakan pola bagian depan cardigan sebagai acuan. Gunakan spidol untuk menandai garis tengah dan bagian-bagian yang akan dijahit. Kemudian, gunakan gunting untuk memotong kain sesuai dengan pola yang sudah Anda buat.

Menjahit Bagian Depan Cardigan

Setelah semua bagian sudah dipotong, selanjutnya adalah menjahit bagian depan cardigan. Jangan lupa untuk menjahit kerah cardigan terlebih dahulu sebelum menjahit bagian depan kanan dan kiri. Kemudian, jahit bagian depan kanan dan kiri dengan menggunakan mesin jahit atau tangan. Pastikan jahitan rapi dan kuat agar cardigan Anda bisa tahan lama.

Demikian adalah tahapan dalam pembuatan bagian depan cardigan. Dengan mengikuti tahapan-tahapan tersebut, Anda dapat membuat cardigan sendiri sesuai dengan selera dan ukuran tubuh Anda.

Pembuatan Bagian Belakang Cardigan

Bagian belakang cardigan adalah salah satu bagian penting dari sebuah cardigan. Bagian ini harus dibuat dengan baik dan benar agar hasil akhir cardigan menjadi bagus dan terlihat rapi. Berikut adalah informasi mengenai cara membuat dan menjahit bagian belakang cardigan.

Membuat Bagian Belakang Cardigan

Langkah pertama dalam membuat bagian belakang cardigan adalah dengan menyiapkan bahan dan alat yang dibutuhkan. Bahan yang umumnya digunakan adalah kain rajut atau knit yang lembut dan mudah dipakai. Alat yang dibutuhkan antara lain gunting kain, jarum dan benang jahit, dan mesin jahit.

Setelah bahan dan alat sudah disiapkan, langkah selanjutnya adalah membuat pola pada kain. Pola bagian belakang cardigan harus dibuat sesuai dengan ukuran tubuh yang akan memakainya. Setelah selesai membuat pola, gunakan gunting kain untuk memotong kain sesuai dengan pola yang telah dibuat.

Menjahit Bagian Belakang Cardigan

Setelah bagian belakang cardigan sudah dipotong sesuai dengan pola yang telah dibuat, langkah selanjutnya adalah menjahit bagian-bagian tersebut. Gunakan mesin jahit untuk menjahit bagian-bagian tersebut dengan benang jahit yang kuat dan warna yang sesuai dengan warna kain.

Sebelum menjahit bagian belakang cardigan, pastikan bahwa bagian tersebut sudah dirapikan dan sudah dipasangkan dengan bagian-bagian lainnya seperti lengan dan bagian depan cardigan. Hal ini bertujuan agar hasil jahitan menjadi rapi dan terlihat bagus.

Jika bagian belakang cardigan sudah dijahit dengan baik, langkah terakhir adalah menyisir dan membersihkan jahitan menggunakan sisir khusus untuk kain rajut atau knit. Setelah itu, bagian belakang cardigan sudah siap untuk digunakan atau dipakai.

Tutorial Cara Membuat Cardigan dari Baju Bekas

Pembuatan Bagian Lengan Cardigan

Tutorial cara membuat cardigan dari baju bekas

Cardigan adalah salah satu pakaian yang sering dipakai, terutama pada musim dingin. Bagian lengan cardigan merupakan bagian yang penting dan harus dibuat dengan teliti. Berikut adalah cara membuat bagian lengan cardigan:

Membuat pola lengan cardigan

Pertama-tama, buatlah pola lengan cardigan di atas kertas pola menggunakan ukuran yang sudah ditentukan. Pastikan ukuran lengan cardigan sesuai dengan ukuran baju yang akan dipakai. Setelah itu, gunting pola lengan cardigan tersebut.

Memotong bahan lengan sesuai pola

Setelah pola lengan cardigan selesai, langkah selanjutnya adalah memotong bahan lengan sesuai dengan pola yang sudah dibuat. Gunakan kain yang telah dipilih sebelumnya dan sesuaikan dengan pola lengan cardigan. Gunting sesuai dengan pola dan pastikan tepinya rapi.

Menjahit lengan cardigan ke bagian depan dan belakang

Setelah bahan lengan sudah siap, langkah selanjutnya adalah menjahit lengan cardigan ke bagian depan dan belakang. Jahitlah lengan cardigan secara perlahan dan hati-hati agar hasilnya rapi dan tidak berantakan. Setelah semua bagian disatukan, periksa kembali apakah ada bagian yang masih perlu diperbaiki atau tidak.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, pembuatan bagian lengan cardigan dapat dilakukan dengan mudah dan hasilnya pun akan terlihat baik dan rapi.

Pembuatan Bagian Bawah Cardigan

Tutorial Cara Membuat Cardigan dari Baju Bekas

Cardigan adalah jenis pakaian yang banyak digemari karena dapat digunakan untuk berbagai acara. Jika Anda ingin mencoba membuat cardigan sendiri, salah satu bagian yang perlu dipelajari adalah bagian bawah. Berikut ini adalah langkah-langkah dalam membuat bagian bawah cardigan:

Membuat Pola Bagian Bawah Cardigan

Langkah pertama dalam membuat bagian bawah cardigan adalah membuat pola terlebih dahulu. Anda dapat membuat pola dengan mengukur lingkar pinggang, kemudian menambahkan sedikit ruang agar cardigan tidak terlalu ketat.

Menyusun dan Mengepas Bahan

Setelah pola dibuat, langkah selanjutnya adalah menyusun dan mengepas bahan. Pastikan bahan yang Anda pilih cukup lebar untuk membuat bagian bawah cardigan. Anda juga dapat memilih bahan yang memiliki warna dan motif yang sesuai dengan keinginan Anda.

Menjahit Bagian Bawah Cardigan

Setelah bahan ditemukan dan dipotong sesuai pola, langkah selanjutnya adalah menjahit bagian bawah cardigan. Pastikan jahitan Anda rapi dan kuat agar cardigan dapat digunakan dalam waktu yang lama.

Dengan memahami langkah-langkah di atas, Anda dapat mencoba membuat bagian bawah cardigan sendiri. Selamat mencoba!

Penyelesaian

Membuat cardigan dari baju bekas memang memerlukan usaha dan ketelatenan yang cukup tinggi. Namun, setelah berhasil membuat cardigan, ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk menyelesaikan proses tersebut.

Mengecek dan Memperbaiki Kesalahan

Langkah pertama setelah membuat cardigan adalah memeriksa apakah ada kesalahan atau kekurangan pada cardigan tersebut. Cek setiap jahitan, bahan yang tertinggal, dan bagian yang tidak rapi. Jika ada kesalahan, segera perbaiki sebelum membersihkan dan menyimpannya.

Membersihkan Cardigan

Setelah dicek dan diperbaiki, langkah selanjutnya adalah membersihkan cardigan. Gunakan deterjen yang lembut dan air dingin saat mencuci cardigan. Jangan menggunakan mesin cuci karena dapat merusak jahitan dan bahan cardigan. Setelah dicuci, jemur cardigan di tempat yang teduh dan sirkulasi udara yang baik.

Menata dan Menyimpan Cardigan Hasil Buatan

Terakhir, pastikan cardigan hasil buatan disimpan dengan baik. Lipat cardigan dengan rapi dan simpan di laci atau gantungan yang tepat. Hindari menumpuk cardigan dengan baju lain agar tidak merusak bentuk dan jahitan cardigan. Dengan cara ini, cardigan hasil buatan dapat bertahan lebih lama dan tetap terlihat bagus.

tutorial cara membuat cardigan dari baju bekas

Tips Memilih dan Memperindah Cardigan dari Baju Bekas

Membuat cardigan dari baju bekas bisa menjadi alternatif untuk menghemat pengeluaran. Namun, sebelum memulai, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan dalam memilih baju bekas dan memperindah cardigan hasil buatan.

Memilih Baju Bekas untuk dijadikan Cardigan

Berikut adalah tips untuk memilih baju bekas yang cocok untuk dijadikan cardigan:

  1. Pilih bahan yang berkualitas. Baju bekas yang terbuat dari bahan yang berkualitas akan memudahkan proses pembuatan dan hasilnya lebih baik.
  2. Berhati-hatilah dengan lubang atau kerusakan pada baju bekas. Pastikan tidak ada kerusakan yang terlalu besar yang sulit untuk diperbaiki.
  3. Pilih bentuk baju yang simpel. Hindari baju bekas dengan potongan yang rumit atau terlalu banyak detail, karena akan sulit diproses menjadi cardigan.
  4. Pilih baju bekas yang ukurannya sedikit lebih besar dari ukuran tubuh Anda agar mudah diubah menjadi cardigan.

Memperindah Cardigan Hasil Buatan

Setelah cardigan selesai dibuat, berikut adalah tips untuk memperindah hasilnya:

  1. Pakailah aksesoris seperti bros atau renda untuk menambahkan sentuhan feminin pada cardigan.
  2. Gunakan jarum rajut untuk menambahkan detail seperti pola atau gambar pada bagian lengan atau dada cardigan.
  3. Potonglah bagian leher cardigan menjadi bentuk yang lebih modern seperti V-neck atau boat neck.
  4. Cobalah untuk menambahkan kancing atau ritsleting pada bagian depan cardigan untuk memperindah penampilan.

Dengan tips di atas, Anda bisa memilih baju bekas yang tepat dan memperindah cardigan hasil buatan. Selamat mencoba!

Cara membuat cardigan dari baju bekas

Tutorial Cara Membuat Cardigan dari Baju Bekas: Kesimpulan dan Manfaat

Setelah membaca dan mengikuti tutorial cara membuat cardigan dari baju bekas, dapat disimpulkan bahwa membuat cardigan sendiri adalah kegiatan yang menyenangkan dan bermanfaat. Dengan menggunakan baju bekas yang sudah tidak terpakai, kita dapat membuat cardigan yang unik dan ramah lingkungan.

Manfaat lain dari membuat cardigan sendiri adalah kita dapat menghemat uang karena tidak perlu membeli cardigan baru. Selain itu, kita juga dapat mengasah kreativitas dan keahlian menjahit.

Membuat cardigan sendiri juga dapat menjadi aktivitas yang menyenangkan untuk dilakukan bersama keluarga atau teman-teman. Kita dapat berbagi ide dan pengalaman serta belajar bersama dalam membuat cardigan yang indah dan berguna.

Tutorial Cara Membuat Cardigan dari Baju Bekas

Dengan demikian, membuat cardigan sendiri dari baju bekas memiliki banyak manfaat dan keuntungan. Selain menghemat uang, kita juga bisa mengasah kreativitas dan menjaga lingkungan dengan mengurangi sampah tekstil. Mari coba membuat cardigan sendiri dan rasakan manfaatnya!

Sumber referensi yang digunakan dalam pembuatan tutorial ini adalah:

1. Youtube

Tutorial ini memanfaatkan video tutorial dari beberapa kanal Youtube yang membahas tentang cara membuat cardigan dari baju bekas. Diantaranya adalah kanal DIY Ideas, The Sewing Room Channel, dan juga kanal Just Sown.

2. Blog

Beberapa blog juga menjadi referensi dalam pembuatan tutorial ini, seperti blog So Sew Easy, Sew Guide, dan juga blog milik para penjahit seperti Mimi G dan Tilly and the Buttons.

3. Buku

Buku-buku yang membahas tentang keterampilan menjahit juga menjadi sumber referensi dalam pembuatan tutorial ini. Beberapa buku yang dijadikan referensi antara lain “Sewing for Dummies” dan “The Complete Photo Guide to Sewing”.

Dengan memanfaatkan sumber referensi tersebut, tutorial ini diharapkan dapat memberikan informasi yang akurat dan bermanfaat bagi pembaca yang ingin mencoba membuat cardigan dari baju bekas.