Cara Memasak Telur Dadar Padang

Diposting pada 139 views

Telur merupakan salah satu bahan makanan yang berasal dari hewan dan merupakan salah satu dari sumber protein. Bahan makanan ini memiliki nutrisi yang dapat untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Dalam kuning telur, terdapat vitamin B-kompleks dan dapat membantu dalam perkembangan otak pada janin dalam kandungan. Telur dapat diolah menjadi berbagai macam masakan misalnya yaitu diawetkan, direbus matang atau setengah matang dan digoreng misalnya dadar, mata sapi atau acak.

Cara Memasak Telur Dadar Padang

Beberapa tips untuk memilih telur dengan kualitas yang bagus, diantaranya yaitu:

• Memilih telur yang memiliki cangkang yang bersih. Sebaiknya pilih yang memiliki warna yang cerah dan jangan memilih yang memiliki bintik hitam pada cangkang. Cangkang yang memiliki warna cerah menandakan jika telur tersebut masih baru.
• Goyangkan telur secara perlahan. Jika telur tersebut ketika digoyangkan tidak berbunyi, maka telur tersebut masih baru dan jika mengeluarkan bunyi kocak, telur tersebut telah rusak.
• Memilih telur yang memiliki bau segar. Walaupun telur tertutup cangkang, namun bau busuk telur tetap dapat tercium.
• Menerawang atau menyorot dengan senter. Telur segar akan berwarna jernih dan terang.
• Merendam dalam air untuk memastikan kesegaran telur. Telur yang baik akan tenggelam jika direndam. Jika telur yang direndam tenggelam dalam keadaan tidur, berarti masih baru. Jika dalam keadaan agak berdiri, kemungkinan telah direndam 3-5 hari. Jika berdiri berarti disimpan lebih dari 5 hari dan jika mengapung berarti telur tersebut sudah busuk.

Telur dapat diolah menjadi berbagai macam olahan salah satunya adalah menjadi telur dadar. Kandungan gizi yang ditemukan dalam penelitian 100 gr telur dadar diantaranya yaitu:

• Kandungan energi sebesar 259 kkal.
• Protein sekitar 11.7 gr.
• Lemak, karbohidrat, fosfor, vitamin C sebesar 0 gr.
• Zat besi sebesar 2.7 mg.
• Vitamin A sebanyak 900 IU.
• Vitamin B1 sekitar 0.1 mg.

Agar telur dadar tidak hancur terdapat beberapa tips. Pertama, kocok telur hingga benar-benar teraduk sempurna atau hingga telur tersebut mengeluarkan buih. Jangan menggunakan wajan atau Teflon lengket. Hindari dalam penggunaan minyak goreng yang terlalu banyak. Sebaiknya, ketika menggoreng menggunakan api kecil agar matang merata. Gunakan spatula dan letakkan spatulla terletak di tengah telur agar telur dapat terangkat sempurna ketika dibalik.

Salah satu jenis telur dadar yang menjadi favorit adalah telur dadar padang. Bahan yang harus disiapkan untuk membuat masakan tersebut adalah 4 butir telur ayam, 2 sendok makan tepung beras, 3 sdm kelapa parut, 2 batang daun bawang lalu diiris tipis, garam, minyak goreng. Bumbu yang harus dihaluskan untuk membuat olahan telur ini yaitu 3 siung bawang merah, 2 siung bawang putih, 5 buah cabai merah segar.

Cara memasak telur dadar Padang yang gurih, yaitu pertama kocok telur dengan bumbu yang telah dihaluskan hingga merata. Tambahkan kelapa parut, tepung beras, daun bawang yang telah diiris, garam secukupnya. Aduk adonan tersebut hingga merata dan tidak terdapat gumpalan besar pada adonan. Siapkan wajan lalu panaskan minyak goreng secukupnya, jangan berlebihan. Masukkan adonan telur yang telah disiapkan dengan api kecil atau api besar. Balik telur agar tidak gosong, dapat menggunakan spatula jika tidak dapat membalik langsung dari wajan atau Teflon. Angkat dan kemudian tiriskan. Potong telur dadar padang tersebut sesuai selera dan sajikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *