Cara Memasak Lobster Asam Manis

Diposting pada 9,805 views

untuk pencinta masakan laut ataupun dikenali dengan istilah seafood juga pasti menyenangi cita-rasa dan sensasi saat mengonsumsi lobster. Lobster sebagai salah satunya tipe hewan laut yang masuk kelompok udang, tetapi mempunyai ukuran besar. Ukuran yang besar yang mengandung protein tinggi membuat lobster mempunyai rasa yang paling gurih. Diproses cukup dengan beberapa macam bumbu saja telah membuat hidangan hewan laut satu ini benar-benar memanjakan lidah. Tetapi walau mempunyai rasa yang unik agar maksimal sebaiknya teliti saat menentukan lobster.

Cara Memasak Lobster Asam Manis

Mengenal jenis lobster konsumsi

Walau sepintas semua lobster yang berada di pasaran kelihatan sama, tetapi sebetulnya masing-masing mempunyai tipe tertentu. Adapun tipe lobster yang kerap ditemui di beberapa rumah seafood ada dua tipe, yaitu:

1. Lobster Berduri, sebagai tipe lobster yang hidup di perairan air hangat dan mempunyai warna lebih cerah di punggungnya yaitu putih, biru, orange, dan merah.
2. Lobster Maine, kebalikan dari lobster Berduri, lobster ini hidup di perairan dingin dan mempunyai warna lebih gelap, yaitu warna cangkang antara biru kehijauan.

Ketidaksamaan tipe lobster membuat rasanya kurang lebih berbeda, keadaan geografis menjadi satu diantara pemicu ketidaksamaan rasa ini. Banyak orang lebih menyenangi konsumsi lobster tipe Maine yang mempunyai daging dengan rasa lebih manis. Hidup di perairan dingin menjadikan kandungan garam di air laut memengaruhi rasa dagingnya. Sementara untuk Lobster Berduri memang mempunyai rasa yang sedikit berbeda, yaitu lebih cemplang. Meski begitu jika pintar mengombinasikan bahan dan rempah. Karena itu lobster tipe apa saja yang akan diolah bisa menjadi sebuah menu makanan yang siap memanjakan penikmatnya.

Mengolah lobster menjadi lebih lezat

Hidangan dengan bahan khusus lobster benar-benar sangat spesial, bahkan juga apabila mencicipinya di rumah karena itu jangan kaget bila harga mahal. Kandungan protein yang tinggi membuat lobster baik dikonsumsi untuk pemenuhan kebutuhan protein. Supaya lebih irit sebaiknya Anda coba mengolah sendiri lobster yang telah dibeli. Selainnya lebih murah Anda juga dapat tentukan sendiri bahan apa yang akan dimasukkan hingga lebih cocok dengan selera. Berikut sebagai salah satunya langkah mengolah lobster asam manis yang termasuk cukup simpel tetapi mempunyai rasa spesial.

Bahan:

• Lobster fresh 1 ekor,

Bumbu:

• Bawang putih 5 siung,
• Bawang merah 4 buah,
• Kemiri 3 butir,
• Kunyit 2 cm,
• Jahe 2 cm,
• Garam ¼ sdt,
• Gula pasir ½ sdt,
• Cabe merah besar 5 buah,
• Cabe rawit 6 buah,
• Terasi ½ sdt.

Bahan Tambahan:

• Daun salam 3 lembar,
• Lengkuas 2 cm, dan
• Santan 300 ml.

Cara mengolah Lobster Asam Manis :

1. Pertama kali yang perlu dilakukan adalah membersihkan lobster sampai betul-betul bersih, selanjutnya dibelah pada bagian tengahnya dimulai dari kepala sampai ekor.
2. Teruskan menumis bumbu halus, setelah harum masukan bahan tambahan.
3. Baru selanjutnya masukkan santan, aduk perlahan-lahan sampai santan masak supaya tidak pecah dan merusak penampilannya.
4. Masukan lobster, aduk perlahan-lahan, selanjutnya angkat lobster dan dipanggang sambil diberi bumbu.

Menyajikan lobster dengan dibakar akan membuat jadi lebih sedap dan lebih sehat. Walau telah melalui tahapan ditumis, tetapi pemakaian minyak goreng jadi lebih sedikit dan masih tetap sehat. Walau kaya protein sebaiknya konsumsi lobster tidak dilakukan secara berlebihan, karena seafood satu ini bisa juga membuat cholesterol tubuh meningkat tajam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *