Program Semester IPAS Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka

Diposting pada 156 views

Baiklah Untuk Pembahasan Selanjutnya

Program Semester IPAS Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka

Pada struktur Kurikulum Merdeka jenjang SD, mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) digabungkan menjadi mata pelajaran IPAS. Mata pelajaran baru ini mulai dijarkan di kelas 4, 5, dan 6. 

Alokasi intrakurikuler mapel IPAS kelas 4 SD adalah 5 jam pelajaran dalam satu minggu.  Struktur Kurikulum Merdeka SD juga memperkenalkan pembelajaran berbasis projek sebagai kegiatan kokurikuler untuk mengembangkan kompetensi dan karakter profil pelajar Pancasila.

Lihat juga : Program Semester Matematika Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka

Guru yang tahun pelajaran 02/203 ditugasi untuk mengajar kelas 4 harus segera melengkapi program pembelajaran Kurikulum Merdeka. Guru harus mempunyai perangakat pembelajaran berupa Program Semester (PROSEM) mata pelajaran IPAS kelas 4 Kurikulum Merdeka SD.

SekolahDasar.Net akan membagikan Prosem mata pelajaran IPAS Kelas 4 SD semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka. Program semester mapel IPAS Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka berisi pembagian materi ajar Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) dalam satu semester sesuai dengan kalender pendidikan.

Berikut rincian Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Kelas 4 Mapel IPAS:

  1. Mengidentifikasi bagian tubuh tumbuhan dan mendeskripsikan fungsinya, Mendeskripsikan proses fotosintesis dan mengaitkan pentingnya proses ini bagi makhluk hidup,Membuat simulasi menggunakan bagan alat bantu sederhana tentang siklus hidup tumbuhan. 
  2. Mengenali materi dan karakteristiknya,Mempelajari karakteristik wujud zat/materi.,Mencari tahu bagaimana perubahan wujud zat terjadi
  3. Mengidentifikasi ragam gaya yang terlibat dalam aktivitas sehari-hari, Memanfaatkan gaya tersebut untuk membantu manusia mengatasi tantangan dalam kehidupan sehari-hari
  4. Mengidentifikasi ragam transformasi energi pada kehidupan sehari-hari,Membuat simulasi transformasi energi menggunakan bagan/alat bantu sederhana dalam kehidupan sehari-hari.
  5. “Menceritakan perkembangan sejarah daerah tempat tinggal,Mengidentifikasi dan menunjukkan kekayaan alam yang ada di daerah tempat tinggal,Menelaah pengaruh perkembangan daerah terhadap kehidupan perekonomian masyarakat di daerah tempat tinggal”
  6. Mendeskripsikan keragaman budaya dan kearifan lokal di daerahnya masing-masing,Mengetahui manfaat dan pelestarian keragaman budaya di Indonesia.
  7. Mengenal cara mendapatkan barang kebutuhan,Mengaitkan pemahaman terhadap kebutuhan dan keinginan dengan nilai guna barang dan skala prioritas,Mengenal nilai uang sebagai alat tukar dalam jual beli,Menjelaskan alur kegiatan ekonomi dalam kegiatan jual beli sebagai salah satu cara pemenuhan kebutuhan manusia
  8. Mempelajari apa itu norma dan adat istiadat,Membedakan peraturan tertulis dan tidak tertulis,Mengidentifikasi norma dan pentingnya norma di dalam lingkungan masyarakat.

Download Program Semester Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka Mapel IPAS

Dengan mempunyai Prosem Kelas 4 mapel IPAS, guru akan lebih mudah dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Pembagian materi ajar IPAS kelas 4 sesuai dengan waktu yang mengacu pada kalender pendidikan. Berikut Prosem mapel IPAS Kelas 4 Kurikulum Merdeka Semester 1 dan Semester 2. File Prosem IPAS Kelas 4 dapat didownload melalui tautan berikut ini:

Program semester mata pelajaran IPAS Kelas IV Kurikulum Merdeka tersebut dapat guru gunakan selain sebagai referensi membuat prosem yang tepat. Guru juga bisa manfaatkan untuk melengkapi dokumen rencana pembelajaran. File Prosem IPAS Kurikulum Merdeka Kelas 4 Semester 1 dan Semester 2 di atas berformat Excel yang bisa Anda edit dengan mudah menyesuaikan dengan kondisi sekolah.


Semoga Bermanfaat