Beberapa ilmuwan mempelajari lebih dari satu bidang Sains. Menurut kalian, apakah bidang-bidang ilmu

Diposting pada 186 views

Baiklah Teman teman kita akan membahas soal selanjutnya di bawah ini

 

 

Beberapa ilmuwan mempelajari lebih dari satu bidang Sains. Menurut kalian, apakah bidang-bidang ilmu yang dipelajari ahli berikut.

a. Biokimia

b. Geoisika

3. Bagaimanakah ilmu Sains digunakan dalam pekerjaan berikut ini.

a. Dokter

b. Polisi

. Arsitek

d. Ahli nutrisi

Jawaban :

Bidang-bidang ilmu yang dipelajari ahli:

a. Biokimia = dan Kimia.

b. Geofisika = Ilmu Bumi dan Fisika.

 

3. Ilmu Sains digunakan dalam pekerjaan sebagai berikut.

a. Dokter

Seorang dokter menggunakan ilmu untuk mempelajari tubuh manusia yang nantinya akan menentukan proses pengobatan. Seorang dokter juga menggunakan ilmu Fisika berkaitan dengan penggunaan alat-alat kedokteran.

b. Polisi

Seorang polisi akan menerapkan ilmu Fisika saat melakukan pengejaran terhadap penjahat yang sedang kabur.

Arsitek

Seorang arsitek akan menggunakan ilmu Fisika saat mendesain bangunan, seperti rumah, gedung, jembatan, dan lain sebagainya.

d. Ahli Nutrisi

Seorang ahli nutrisi akan menggunakan ilmu dan Kimia untuk mempelajari kandungan nutrisi dari suatu makanan.

 

Pembahasan

Ilmu Sains, disebut juga Ilmu Pengetahuan Alam, adalah ilmu yang mempelajari benda-benda alam, yang bersifat umum dan pasti. Ilmu Sains berlaku di manapun dan kapanpun selama penemuan terbaru diakui dan ditetapkan.

Ilmu Sains secara garis besar terbagi menjadi 4 bidang ilmu, yaitu sebagai berikut.

1. Biologi

Biologi adalah ilmu yang mempelajari tentang struktur, fungsi, pertumbuhan, evolusi, persebaran, dan taksonomi makhluk hidup. Cabang ilmu Biologi yaitu Virologi, Ekologi, Genetika, Zoologi, Anatomi, dan lain sebagainya.

2. Fisika

Fisika adalah ilmu yang mempelajari tentang materi dengan gerakan dan perilakunya terhadap ruang dan waktu. Cabang ilmu Fisika yaitu Elektronika, Mekanika, Optika Geometri, Optika Fisis, Fisika Medis, Astronomi, dan lain sebagainya.

3. Kimia

Kimia adalah ilmu yang mempelajari tentang komposisi, sifat, struktur, dan perubahan materi. Cabang ilmu Kimia yaitu Kimia Analitik, Kimia Organik, Kimia Anorganik, Kimia Fisik, dan Biokimia.

4. Ilmu Bumi (Kebumian)

Ilmu Bumi adalah ilmu yang mempelajari tentang Bumi. Ilmu ini memiliki banyak cabang seperti Geologi, Geografi, Geofisika, Ilmu Atmosfer, Oceanografi, dan lain sebagainya.

Ilmu-ilmu Sains tersebut sangat banyak manfaat dan digunakan dalam berbagai pekerjaan atau profesi sebagaimana contoh yang telah dipaparkan pada jawaban di atas.

**

Semoga bermanfaat teman teman

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *