Cara Mudah Scan Barcode / Code QR di HP Android

Diposting pada 72 views
Cara Scan Barcode atau Code QR di Android

Barcode atau Code QR merupakan simbol khusus berupa serangkaian garis yang menyimpan rincian informasi yang tidak dapat dibaca melalui penghilahatan mata secara langsung. Ini biasanya dapat ditemui pada kemasan barang atau produk yang dijual di supermarket.

Mungkin dibenak kamu timbul pertanyaan, mengapa harus ada? Nah, penggunaan Barcode ini bertujuan agar lebih mempercepat proses penginputan data dan menjamin ketepatan data pada suatu barang atau produk. Sehingga dapat meringankan beban kerja para produsen.

Barcode atau Code QR ini biasanya hanya bisa dibaca melalui alat scanner infrared atau optical yang memungkinkan untuk memindai data melalui system komputer. Namun, seiring perkembangan teknologi yang semakin canggih, saat ini kita sudah bisa melakukan scanning barcode hanya dengan menggunakan HP Android.

Nah, jika kamu penasaran ingin mencoba melakukan scan Barcode atau Code QR melalui HP Android, kali ini BugisTekno akan menjelaskan caranya. Untuk itu, langsung saja simak ulasan berikut ini.

Cara Scan Barcode / Code QR di HP Android

Untuk melakukan scan barcode / code QR di HP Android sebenarnya cukup mudah. Kamu hanya membutuhkan aplikasi pihak ketiga yang sudah dirancang memiliki berfungsi tersebut.

Adapun aplikasinya ialah QR & Barcode Scanner yang bisa kamu unduh secara gratis di Play Store. Untuk cara penggunaannya silahkan simak langkah-langkah berikut ini:

  1. Download aplikasi QR & Barcode Scanner di Google Play Store.
    Setelah proses install selesai, langsung saja buka aplikasinya.
    Berikan Perizinan aplikasi untuk menggunakan kamera.
  2. Kemudian, Arahkan kamera HP ke Barcode atau Code QR yang ingin di scan.
  3. Tunggu beberapa saat proses rendering, maka aplikasi akan menampilkan Informasi dari Barcode atau Code QR tersebut.
  4. Selesai.
Scan Barcode di HP Android

Perbedaan Barcode dan Code QR

Setelah mengetahui cara scannya, tentu saja kamu juga ingin tahu mengenai perbedaan Barcode dan Code QR ini. Maka dari itu, admin juga akan menjelaskan secara singkat kedua perbedaannya.

Jadi, perbedaan dari kedua jenis code ini ialah dari sisi penyimpanan datanya, dimana Barcode hanya menyimpan data teks dan angka saja, sedangkan Code QR bisa menyimpan lebih banyak informasi dari suatu data dalam berbagai format atau multimedia.

Dapat dikatakan bahwa Code QR ini adalah evaluasi dari Barcode yang mampu menyimpan informasi yang lebih lengkap tentang data sebuah produk atau hal-hal lainnya.

Nah, sekiranya cukup sekian ulasan admin kali ini tentang cara scan Barcode atau Code QR di HP Android. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *