Cara Membuat Kerajinan Tangan Dari Batok Kelapa

Diposting pada 4,017 views

Tehnik Dasar Langkah Membuat Kerajinan Tangan Dari Batok Kelapa – Kesempatan ini kita akan mengulas sedikit infomasi sekitar kerajinan tangan dari batok kelapa (Tempurung kelapa), mungkin yang kerap kita lihat jika sehabis daging buah kelapa diambil, jadi batok kelapa dibuang demikian saja tanpa termanfaatkan kembali, tetapi saat ini lebih banyak pebisnis kerajinan yang sudah ada dengan manfaatkan sampah kelapa ini. bila anda punya niat atau sedikit ingin coba-coba menciptakan kerajinan dari batok kelapa dengan membaca artikel di bawah anda akan mendapati bagaimanakah cara terbaik, tehnik dalam membuat suatu produk kerajinan tangan simpel dari batok kelapa.

Kotak tisu dari batok kelapa

Buah kelapa yang telah diambil daging buahnya, akan berbentuk sampah. Dan umumnya cuman dipakai sebagai kayu bakar, khususnya tempurung atau batoknya. Karena kabarnya saat masak nasimenggunakan kayu bakar dari batok, nasi rasanya akan jadi lebih nikmat, tetapi entahlah saya tidak pernah cobanya hehehe. Tetapi beberapa barang Itu (batok kelapa) akan dirubah wujud dan kegunaan saat barang itu telah ada di tangan beberapa seniman yang “KREATIF”.

Barang yang dahulunya cuman memiliki fungsi sebagai bahan bakar dapat dirubah menjadi beberapa barang yang bernilai seni yang tinggi dan mempunyai nilai nilai jual yang lebih.

Siapakah yang tidak mengenal buah kelapa, kelapa sebagai buah yang fresh dan bermanfaat untuk menambah cairan pada tubuh. Pohon kelapa memiliki banyak faedah dari tangkai sampai buahnya. Negara Indonesia sebagai negara subur, sehingga pohon kelapa tumbuh banyak sekali dimana saja. Kelapa bukan hanya dipakai sebagai makanan, tapi bisa dipakai untuk kerajinan.

Latar Belakang

Tangkai pohon kelapa bisa dipakai sebagai bahan bangunan yang populer tahan akan cuaca dan masalah serangga-serangga kayu. Daun kelapa bisa dipakai untuk membuat selongsong kupat. Tulang daunnya (lidi) dipakai untuk di bust sapu. Pelepah daunnya bisa dipakai sebagai kayu bakar. Kulit buahnya (serabut) bisa dipakai untuk membust sapu. Tempat tanam hidroponik dan media filter dalam penjernihan air sederhana; daging buahnya yang masih terbilang muda bisa untuk di buat minuman, sedang yang telah tua bisa dipakai sebagai bahan santan atau untuk membuat minyak goreng.

Satu perihal yang memikat dalam manfaatkan beberapa bagian kelapa ialah pada batok atau cangkang buahnya. Ini karena sepintas kemungkinan tidak terpikir jika batok kelapa memiliki nilai ekonomi yang lebih tinggi dibanding dengan buah kelapanya tersebut. Dengan sentuhan tangan-tangan inovatif, batok kelapa bisa disihir jadi beberapa benda kerajinan yang memiliki nilai buat, nilai seni, dan bahkan ke-2 nya.

Seni kerajinan ini belum demikian luas di indonesia, perubahan seni kerajinan ini baru ada zaman tahun 90 an, kerajian batok kelapa banyak di temui di wilayah jawa, dan sulawesi. Munculnya kesenian ini berawal jumlahnya beberapa pabrik kelapa dan jumlahnya tumbuhan kelapa di indonesia, dari itu banyak tempurung kelapa dijadikan bahan bakar saja yang tidak ada manfaatnya, hal inilah yang membuat penduduk indonesia mengambil gagasan dan membuat menjadi bahan ekonomis

Proses Pembuatan Kerajinan dari batok kelapa

Beberapa benda kerajinan batok kelapa yang banyak dibuat orang diantaranya ialah seperti berikut :

Perlengkapan rumah tangga, seperti sendok sayur, gayung air, tempat minum, piring, asbak rokok, dan sebagainya.
Aksesories, seperti pin, kalung, gelang, ikat pinggang, figura, miniatur kendaraan, topeng, ukir-pahatan, dan sebagainya.
Perlengkapan serta bahan yang dipakai :

Pilihlah batok kelapa yang betul-betul tua dan kering (umumnya di bagian potongannya memiliki warna yang hitam).
Persiapkan beberapa alat dan bahan yang dibutuhkan untuk memproses batok kelapa tersebut, seperti gergaji, pecahan kaca, pisau, amplas, daun pisang kering, lem kayu, cat varnish, atau yang lain.
Adapun beberapa langkah untuk menyiapkan batok kelapa saat sebelum diproses selanjutnya jadi beberapa benda kerajinan ialah seperti berikut :
Membersihkan dengan berhati- beberapa sisa serabut kasar di atas batok dengan memakai pecahan kaca atau pisau.
Membersihkan beberapa sisa serabut halus di atas batok dengan memakai amplas kasar.
Haluskan permukaan batok dengan memakai amplas lembut secara merata.
Untuk membuat permukaan batok jadi mengkilau bisa dikerjakan dengan 2 langkah. Langkah pertama adalah cara alami yakni dengan menggosoknya memakai daun pisang kering secara berulang-ulang sedang langkah ke-2 dengan mengecatnya memakai cat pernis.
Pakai gergaji untuk memangkas batok dengan wujud dan ukuran yang disesuaikan dengan kerajinan yang akan dibentuk.
Disamping itu batok tersebut dibentuk menjadi tempat minuman , dibuat tas, mampan, kaligrafi, vas bunga, gantungan kunci, dan sebagainya. Dengan sentuhan rasa seni yang lembut, kerajinan batok kelapa itu jadi terlihat lebih artistik, lebih cantik dan menarik

Berikut ini contoh-contoh gambar hasil karya seni kerajinan tangan sederhana dari beberapa seniman tempurung kelapa;

Tempat minum dari batok kelapa

Tas cantik wanita

lampu tidur hias

Pajangan dinding

Tempat tissu dari batok kelapa

pigura dari batok kelapa

Peralatan rumah tangga

Gantungan kunci

Langkah membuat kerajinan ini diawali dengan memilih batok kelapa yang berkualitas baik. Selanjutnya dengan kreativitas seni yang tinggi dibuat kreasi sesuai dengan karya yang kita kehendaki. Dengan menghaluskan dan menambahkan polytur atau vernis agar warnanya lebih mengkilat. Untuk hiasan yang di pasang pada dinding dapat menambah pigura dasar agar menghasilkan hiasan yang indah.

Beberapa gambar di atas ialah hasil contoh kreasi dari batok kelapa yang paling artistik dan bernilai seni (dan tentu saja bisa juga mendatangkan rupiah ).
Disini anda bisa juga berkreatifitas dengan membuat beberapa karya lainnya sesuai kreasi kita.

Barangkali untuk pertama kalinya terasa cukup sulit untuk membuat nya. Tetapi dengan kesabaran dan ketekunan serta ketelatenan dan belajar dari ahlinya, kita akan terlatih dan menjadi mudah untuk kerjakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *