Cara Memasak Ayam Goreng Telur Padang

Diposting pada 136 views

Ayam merupakan salah satu makanan yang sangat populer di dunia, terutama di Indonesia. Tidak jarang dapat dengan mudah memang dijumpai berbagai olahan dari ayam dan berbagai macam cara memasaknya. Salah satu olahan ayam yang menjadi favorit para masyarakat adalah ayam goreng telur Padang. Dari nama olahan tersebut Anda dapat membayangkan bahwa makanan ini sangat unik dan tentu saja menggugah selera.

Tidak yang tahu memang mengenai resep rahasia untuk membuat makanan dengan hasil olahan ayam dan telurnya ini. Hal ini terjadi karena masyarakat memang telah pesimis karena biasanya olahan asli dari Indonesia memang terkenal dengan banyaknya bumbu dan rempah-rempah dan tergolong sukar untuk diduplikasi, sehingga membuat masyarakat yang hanya melihat bahannya saja sudah merasa pesimis. Padahal pada dasarnya membuat makanan olahan dari ayam goreng telur Padang ini tergolong sangat mudah dan tidak perlu memiliki keahlian khusus. Berikut ini adalah resep terpilih cara memasak ayam goreng telur Padang yang lezat.

Cara Memasak Ayam Goreng Telur Padang

Bahan utama yang digunakan adalah:

• Sebanyak kurang lebih 1 ekor ayam yang telah dibelah menjadi 4 bagian atau sesuai dengan selera Anda.
• Sebanyak 2 sendok makan air perasan jeruk nipis.
• Sebanyak 1 butir telur yang telah dikocok sebentar.
• Sebanyak 1 buah lengkuas yang telah diparut.
• Minyak kelapa sawit secukupnya untuk menggoreng.

Berikut adalah bahan bumbu yang dihaluskan dengan cara diblender atau ditumbuk:

• Sebanyak kurang lebih 4 butir bawang putih.
• Sebanyak ½ sendok teh merica halus.
• Sepanjang kurang lebih 3 centimeter kunyit.
• 1/3 lengkuas yang telah diparut.
• Garam secukupnya.
• Penyedap rasa secukupnya.
• Gula secukupnya.
• Parutan kelapa sekitar ¼ bagian saja, parutan kelapa ini merupakan optional karena ada yang menyukai menggunakan kelapa dan ada pula yang tidak.

Setelah semua persiapan yang dilakukan cukup siap, Anda bisa memulai membuat ayam goreng bumbu Padang dengan cara sebagai berikut ini:

1. Sebelum diolah lumurilah ayam dengan air dari perasan jeruk nipis terlebih dahulu dengan merata.
2. Buatlah bumbu yang dihaluskan seperti resep di atas, tanpa parutan dari kelapa.
3. Masukkan ayam ke dalam panci dengan tujuan merebusnya hingga empuk, tambahkan pula parutan dari kelapa jika Anda menyukainya dan juga tambahkan pula bumbu yang telah dihaluskan sebelumnya.
4. Rebuslah ayam selama kurang lebih sekitar 20 menit. Jika Anda ingin ayam Anda lebih meresap bumbu nantinya Anda bisa mendiamkannya lebih dari itu.
5. Setelah ayam dirasa cukup siap untuk digoreng maka siapkan minyak panas dan juga bahan pencelup seperti telur yang telah dikocok lepas.
6. Sebelum memasukkannya ke dalam wajan yang berisi minyak goreng panas, maka anda lumuri terlebih dahulu ayam dengan jeruk nipis dan kocokan dari telur.
7. Masukkan ayam yang telah diolah sebelumnya ke dalam wajan hingga berwarna emas kecoklatan.
8. Angkat dan tiriskan.

Ayam goreng khas Padang ini akan sangat nikmat apabila dinikmati bersama keluarga dan juga ditemani oleh hijau khas dari Padang. Jika Anda memang penggemar dari makanan kerupuk, maka tambahkan pula kerupuk sebagai makanan pendamping Anda dan keluarga Anda dalam menikmati kuliner lezat dari khas Padang ini. Ayam goreng dengan bumbu Padang ini memang biasanya tidak membutuhkan bawang merah dalam pengolahannya sehingga Anda tidak perlu bingung jikalau ternyata bawang merah tertinggal dalam resep ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *