Cara Memasak Ikan Mas Goreng Padang

Diposting pada 113 views

Cara Memasak Ikan Mas Goreng PadangDengan berbagai macam bahan makanan yang ada mulai dari ikan, daging dan juga sayuran dengan pengolahan yang tepat pastilah akan menciptakan sebuah masakan yang sangat menggugah selera. Untuk bisa mengolahnya sendiri tentunya diperlukan keterampilan khusus dalam memasak, apalagi bagi anda yang suka berinovasi menciptakan berbagai macam menu baru. Bagi ibu-ibu di rumah salah satu kesulitan di dalam mengolah beraneka macam bahan makanan tersebut adalah karena kendala selera. Terkadang antara satu anggota keluarga dengan yang lainnya memang memiliki selera berbeda terkait dengan masakan, namun anda bisa menyiasatinya dengan membuat olahan yang memang disukai semua orang.

Tentunya yang tak asing lagi dengan bahan masakan bernama ikan mas bukan, jenis ikan tawar yang satu ini bisa dengan mudah anda jumpai di pasaran dengan berbagai macam ukuran dan juga harga. Ikan mas merupakan salah satu bahan makanan favorit, alasannya karena selain enak kandungan gizi yang ada di dalamnya juga cukup tinggi, hampir semua orang menyukainya. Beraneka macam resep masakan juga bisa anda buat dengan mengandalkan ikan tersebut sebagai bahan baku utama, baik itu masakan yang direbus atau juga digoreng, namun sebelum itu anda juga harus tau bahwa tak semua ikan mas bagus untuk digunakan dan enak ketika dijadikan sebagai hidangan.

Untuk mendapatkan hasil yang lezat dan juga maksimal anda harus menggunakan bahan baku terbaik, ikan mas yang benar-benar masih segar, hal ini bisa anda dapatkan dengan membeli secara langsung ikan yang memang masih hidup ataupun mati namun benar-benar masih segar. Diantaranya adalah dengan melihat dari warna, kejernihan dan juga baunya, setelah mendapatkan bahan baku yang tepat selanjutnya adalah memilih resep yang akan dibuat. Ingat bahwa ada banyak sekali resep yang bisa anda buat dengan mengandalkan bahan berupa ikan mas, salah satunya masakan yang satu ini ikan mas goreng padang:

Bahan-bahan:

– 1 ekor ikan mas (500 gram), bersihkan dan sayat di beberapa bagian tubuhnya
– 1 buah jeruk nipis, peras dan ambil airnya
– ½ sdt merica bubuk
– 1 sdt garam
– 1 sdt gula
– 3 lembar daun jeruk purut, buang tulangnya
– 2 sdm saus sambal
– 2 sdm saus tiram
– 2 sdm saus tomat
– 3 buah cabai rawit, iris tipis
– 50 ml air

Bumbu halus:

– 5 butir bawang merah
– 3 siung bawang putih
– 7 buah cabai merah

Cara memasak ikan mas goreng padang:

• Lumuri ikan mas yang telah dibersihkan dengan air jeruk nipis untuk menghilangkan bau amisnya selama kurang 1 jam dan sisihkan.
• Haluskan bumbu bawang merah, bawang putih dan juga cabai.
• Panaskan minyak dan tumis bumbu tersebut hingga tercium wanginya, masukkan merica bubuk, garam dan gula, aduk hingga semua bumbu tercampur rata.
• Tambahkan air dan aduk-aduk lagi hingga merata.
• Masukkan daun jeruk purut, saus sambal, saus tiram dan juga saus tomat, biarkan hingga mengental kemudian tambahkan irisan cabai rawit, angkat dan sisihkan saus tersebut.
• Panaskan minyak kemudian goreng ikan mas tersebut hingga berubah warna menjadi kecoklatan dan kering, angkat lalu sajikan dalam piring.
• Tuangkan saus yang sudah dimasak tersebut ke atas ikan secara merata.

Silahkan diSajikan selagi masih hangat selamat menikmati.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *