Cara Memasak Lobster yang Enak

Diposting pada 95 views

Salah satu cara memasak lobster yang enak ialah dengan mengetahui cara memperlakukan lobster dengan baik. Mengolah lobster memang membutuhkan perhatian sebab perlu pemahaman bagaimana membunuh lobster dan membersihkannya agar mudah diolah namun tetap lezat. Banyak orang yang masih menggunakan cara yang salah untuk menjadikan daging lobster bersih dan siap diolah. Padahal cara membersihkan yang keliru bisa merusak daging dan cangkangnya yang bisa menjadikan sajian terlihat istimewa.

 Ada yang berani nangkap lobster spt ini? hehe
Cara Memasak Lobster yang Enak

Cara keliru membersihkan lobster

Lobster menjadi salah satu bahan masakan yang berasal dari air laut, dan ada pula yang merupakan lobster air tawar. Karena termasuk ke dalam hewan air maka kondisi fisiknya akan jauh rapuh dibandingkan dengan jenis daging non-air. Sifat ini memang kurang mendapatkan perhatian, sebab banyak orang yang membersihkan lobster menggunakan air hangat panas. Jika menggunakan air tersebut maka daging lobster akan berkurang kualitasnya. Lobster yang tadinya segar bisa berubah menjadi tidak segar lagi karena dagingnya rusak.

Padahal ketika lobster dalam keadaan kurang segar maka akan memberikan pengaruh terhadap kualitas rasa masakan Anda. Maka sangat penting sekali untuk menghindari penggunaan air panas maupun hangat sebagai media membersihkan daging lobster. Mencuci daging lobster sebaiknya juga tidak menggunakan air di dalam wadah. Namun memilih air yang mengalir, bisa dibersihkan langsung di bawah kran air. Cara ini jauh efektif menghilangkan kotoran dan kuman dibandingkan cara sebelumnya dan baik pula untuk bahan makanan jenis lainnya.

Cara tepat membersihkan lobster

Langkah yang paling tepat untuk mencuci lobster ialah dengan menggunakan air yang dicampur dengan es batu. Air yang dingin bisa ampuh membunuh bakteri di dalam cangkang lobster yang bisa ada karena perpindahan tempat penyimpanan lobster. Air yang dicampur dengan es juga akan menjadikan daging lobster menjadi terjaga kesegarannya. Terlebih cara membersihkan satu ini juga menjadi lebih hemat air sebab menggunakan air yang diletakkan di dalam wadah. Selanjutnya ialah menggunakan sikat yang bisa digunakan untuk menyikat bagian punggung lobster.

Ketika membersihkan lobster memang sangat disarankan untuk tidak membuang bagian cangkangnya yang keras. Cukup disikat saja agar bersih dari segala jenis partikel yang menempel di bagian keras satu ini dan tidak perlu dibuang. Cangkang pada bagian kepala hingga ekor pada lobster menjadi tempat menempelnya daging lobster yang lezat. Apabila ikut dimasak akan memberikan cita rasa lebih nikmat pada masakan Anda, sebab di dalam cangkangnya terdapat zat yang mampu melezatkan olahan lobster. Hal ini juga menjadi salah satu rahasia mempertahankan kualitas daging dan rasa dari lobster agar selalu terasa istimewa.

Ketika hendak dibumbui, maka setelah menyikat cangkang lobster ada baiknya Anda meniriskannya agar kandungan airnya berkurang dan hilang. Letakkan di atas kain bersih hanya cukup dengan meletakan daging lobster di atas talenan. Meletakkannya pun harus dalam posisi kepala berada di bawah dan menghadap ke atas. Membersihkan lobster menggunakan air es sudah satu jalan membunuhnya dengan tepat dan tidak menyakiti lobster terlalu lama.

Jika sudah membersihkan lobster dengan cara tepat maka langkah selanjutnya ialah dengan memadukan beberapa bahan dengan tepat. Olahan lobster memang tidak membutuhkan banyak bumbu maupun rempah yang rumit. Maka keinginan untuk mengolah sendiri lobster di rumah bisa dilakukan kapan saja sebab tidaklah terlalu sulit. Sudah benarkah cara Anda membersihkan lobster selama ini? Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *